Meninjau dan Belajar dari Masyarakat KBA Pantai Cermin Kanan

by - September 12, 2024

Menyambut pagi itu dengan lebih bersemangat ketika berkesempatan untuk melihat langsung sebuah kampung yang kini semakin berkembang. Mungkin tidak banyak yang bisa dilakukan sebelum adanya perubahan tetapi kini semakin banyak hal-hal terbaik berdampak ke masyarakat sekitar.

pantai cermin kanan



Desa-desa di Indonesia memiliki potensi besar untuk tumbuh dan berkembang menjadi pusat kesejahteraan bagi masyarakatnya. Salah satu contoh yang menarik adalah program Desa atau Kampung Berseri.

Ini adalah sebuah inisiatif yang berfokus pada pembangunan berkelanjutan dan peningkatan kualitas hidup warga desa. Melalui berbagai strategi inovatif, Desa atau Kampung Berseri mampu mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan sosial, dan menjaga kelestarian lingkungan.

Mengenal Kampung Berseri

Matahari belum pun menyapa tetapi sudah melangkahkan kaki bersama rombongan untuk meninjau kegiatan yang ada di Kampung Berseri Astra (KBA). Lokasinya memang tidak begitu jauh dan waktu tempuh pun masih singkat sekitar hampir 2 jam saja.

Kampung atau Desa Berseri Astra Pantai Cermin Kanan


Membayangkan keseruan lihat langsung aktifitas masyarakat lokal yang sudah mendapatkan langsung pengarahan dan perubahan dari kegiatan berkelanjutan. Inilah salah satu program yang berdampak baik dan menguntungkan rakyat bukan hanya sekali bergerak.

Aneka Program Kampung Berseri dari Astra memang sudah menyebar ke seluruh penjuru nusantara. Namun, kini saatnya menelusuri langsung yang masih berada satu provinsi dengan tempat tinggal. Ketika sudah meninjau dan belajar langsung tentu ada hal berbeda setelah pulang dari sana.

Bagi sahabat pembaca yang selama ini hanya sekedar mendengar tentang KBA, harus juga coba untuk melihat langsung ke Lokasi desanya. Kunjungan kali ini sungguh menarik karena memang tidak hanya datang sendirian tetapi ada banyak hal yang ternyata bisa dijadikan sebuah motivasi juga.

Kegiatan KBA Pantai Cermin Kanan


Saat kunjungan langsung ke Kelurahan Pantai Cermin Kanan ini, bisa melihat langsung beragam kegiatan dari masyarakat sekitar. Sejak dahulu memang mayoritas mata pencaharian masyarakat melalui kegiatan mencari hasil laut atau bisa kita sebut sebagai nelayan.

Anak-anak yang terlahir dan berkembang disana sejak kecil sudah terbiasa dengan bau laut dan menjalani kegiatan bernelayan. Namun, seiring perkembangan waktu, anak-anak nelayan pun mulai memiliki cita-cita dan tidak sedikit pula yang sudah menjadi sarjana.

Sejak dijadikan Kampung Berseri Astra ini, aktifitas masyarakat pun tidak monoton dan justru semakin menarik bahkan inisiator dari KBA sudah sampai go internasional. Apa saja sih sebenarnya kegiatan yang dilakukan?

Well, sebelum membahas lebih mendalam mengenai KBA Pantai Cermin Kanan in, perlu ketahui pula bahwa desa ini hanyalah sebuah kawasan biasa yang memang dikenal dengan adanya pantai dan biasa dikunjungi masyarakat lokal untuk berwisata.

Pada masa sebelum menjadi kampung berseri, masyarakat hanya terfokus menjadi nelayan dan sempat berwirausaha dengan mengelola bahan menjadi dodol. Saya pun teringat dengan masa dahulu sering melewati Kawasan Bengkel yang mana berjejer para pedagang dodol dengan beragam rasa.

Kini dengan adanya Kampung Berseri Astra, masyarakat pun semakin teredukasi. Usaha-usaha yang dilakukan tidak monoton bahkan makin berkembang dan adanya variasi. Saya pun tergerak untuk mengetahui lebih mendalam dengan mendengarkan obrolan bersama Bu Eva yang memiliki Menday Gallery.

Hasil Anyaman Go Internasional

Berbicara mengenai go internasional tentu saja bagi pelaku usaha senang sekali jika hal-hal yang dilakukan semakin banyak dijangkau oleh berbagai kalangan. Saat melakukan bisnis dan disukai banyak orang ada kepuasan tersendiri.




Dengan memiliki cita-cita yang tinggi, inilah mengantarkan hasil anyaman masyarakat dari KBA Pantai Cermin Kanan bisa sampai ke tingkat internasional. Pemasaran semakin meluas dan tentu saja penikmat produknya pun terus meningkat ke berbagai daerah dan negara.

Bu Eva pun membagikan cerita pengalaman tentang usaha anyaman yang dijalani ini. Dengan kegiatan yang dilakukan, para perempuan sekitar semakin memiliki value dan punya penghasilan dari hasil jerih payah sendiri.




Program pun dibuat oleh Bu Eva yang merupakan pencetus dari Kelompok Perempuan Kanan Kreatif (KPKK) yang mana menjadi komunitas perempuan penganyam tikar daun pandan dan anyaman berbagai souvenir yang unik dan cantik.



Itulah cerita perjalanan meninjau dan belajar langsung dari masyarakat KBA Pantai Cermin Kanan. Banyak hal menarik dan bermanfaat bisa diambil untuk menjadi inspirasi.












You May Also Like

1 Comments

  1. Wah Seru sekali, tidak sia-sia pergi matahari masih mengintip di ufuk untuk bisa berkesempatan melihat kreasi ibu ibu luar biasa.

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.