Tips Liburan Menyenangkan Solo Traveler di Dalam Negeri

by - Agustus 11, 2024

Namanya liburan memang selalu menyenangkan dimana saja baik dalam maupun luar negeri. Pengalaman sebagai solo traveler yang beragam memang membuat keinginan untuk lakukan penjelajahan semakin meningkat.

Cerita Solo Traveler Dalam Negeri


Bepergian ke luar negeri sendirian memang asik tetapi bukan berarti tidak menyenangkan lho melakukan solo trip di dalam negeri. Memang ada beberapa hal yang terkadang menjadi pertimbangan untuk sendirian liburan di negeri sendiri.  Namun bukan berarti tidak dicoba sih karena tetap saja ada momen tak terlupakan tersendiri.




Sebelum melakukan trip ke luar negeri pun, Saya memulai segala sesuatunya dari dalam negeri kok. Dahulu saat masih berada di bangku perkuliahan lakukan solo traveling untuk keliling Jawa saja. Hingga akhirnya sampai juga ke Kalimantan yang itulah dinamakan berproses meraih pengalaman.

Beberapa kawan melalak cantik bertanya-tanya mengenai apa saja sih yang harusnya dilakukan atau disiapkan agar liburan sendirian di dalam negeri tetap menyenangkan. Tentu setiap orang punya cara tersendiri namun tidak ada salahnya pula mengintip apa saja yang sudah dilakukan oleh orang lain.

Liburan Dalam Negeri Seseru Apa Sih?

Kita semua pastinya punya preferensi masing-masing, ada yang memang penikmat traveling di luar negeri karena pengalaman dan momen yang didapatkan bisa saja lebih unik. Tetapi, jika Saya bisa membandingkan maka trip di dalam negeri pun tidak kalah menantang terutama urusan transportasi dan akomodasi lho.

Seorang solo traveler jaman sekarang sih bisa makin nyaman jika ada bang untuk berpergian karena kemudahan teknologi dalam mengakses informasi. Bagaimana pula untuk solo traveler dengan budget pas-pasan, apakah masih bisa nyaman dan seru liburannya?

Kawan melalak cantik tidak perlu khawatir karena budget minimalist masih bisa rasakan sensasi liburan seru dan menyenangkan jika menyiapkan dengan matang. Saya pun selama ini sudah terbiasa mengkonsep liburan ala backpacker tetapi nyaman dan asik.

Tips Liburan Menyenangkan


Berikut ini beberapa tips liburan dalam negeri versi Melalak Cantik yang bisa Kamu coba lakukan:

1. Pilih Destinasi yang Sesuai

Pilih destinasi yang sesuai dengan minat Kamu, apakah itu pantai, pegunungan, kota budaya, atau pedesaan. Cari tahu lebih banyak tentang destinasi tersebut, termasuk cuaca, aktivitas, dan daya tarik lokal.




Biasanya Saya akan memilih destinasi yang bisa dijalankan sekaligus dalam waktu trip yang sedang berlangsung, misalnya mau nikmati budaya Jogja tetapi tidak mau melewatkan juga pengalaman kemajuan ibukota Jakarta makanya ambil beberapa titik poin.




2. Rencanakan Jadwal yang Fleksibel

Buat rencana perjalanan, tetapi tetap fleksibel. Ini memungkinkan untuk menyesuaikan jika ada perubahan mendadak atau menemukan tempat menarik yang tidak terduga. Selalu ada itinerary sih karena meskipun bisa saja langsung go show gitu tetapi nanti menjadi tidak nyaman deh apabila tanpa rencana teratur.

3. Cari Promo dan Diskon

Manfaatkan promo atau diskon dari maskapai penerbangan, hotel, atau tempat wisata. Banyak aplikasi dan situs web yang menawarkan penawaran menarik untuk wisatawan domestik. Nah, ini memang sering terkesan liburan dalam negeri bisa lebih mahal daripada keluar negeri makanya tidak sedikit yang lebih memilih ambil trip ke negeri jiran saja.

Masih suka bingung mau cari penginapan yang terjangkau dimana? Saya sih lebih memilih RedDoorz yang mana banyak pilihan hotel murah dan nyaman di berbagai kota di Indonesia. Selain itu, ada pula program RedCuan yang ngebantu kita para traveler makin banyak penghasilan tambahan buat liburan nih. Bisa banget donk pakai kodenya RDAFFRIRIN1011 buat dapatkan diskon sampai 3%.

4. Coba Kuliner Lokal

Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas yang patut dicoba. Jangan ragu untuk mencicipi makanan lokal yang belum pernah dicoba sebelumnya. Terkadang memang ada yang sesuai ekspektasi namun tidak perlu khawatir kecewa sih namanya coba hal baru.

5. Gunakan Transportasi Lokal

Cobalah menggunakan transportasi lokal seperti angkot, becak, atau ojek untuk merasakan pengalaman yang lebih autentik dan mendukung ekonomi lokal. Sebagai pecinta hal baru maka Saya pun tidak melewatkan naik transportasi umum yang ada di tempat tertentu sepeti pernah naik becah khas Padang Sidempuan.



6. Belajar Budaya dan Adat Setempat

Luangkan waktu untuk belajar tentang budaya dan adat istiadat setempat. Ini tidak hanya menambah pengetahuan lho tetapi juga menunjukkan rasa hormat terhadap masyarakat lokal. Saya santa tertarik saat berkunjung ke Pontianak beberapa tahin lalu tentu saja karena penasaran juga dengan bentuk rumah ada yang unik dan pakaian daerahnya. 




Itulah banyak cari tahu dan melihat langsung serta belajar dengan yang lebih paham tentang budaya dan adat setempat. Saya benar-benar menikmati solo traveling saat itu meskipun harus mengunjungi beragam tempat sendiri dan naik ojek.

7. Bawa Perlengkapan yang Tepat

Sesuaikan perlengkapan yang dibawa dengan destinasi. Misalnya, jika berlibur ke daerah pegunungan, pastikan membawa jaket hangat. Jika ke pantai, jangan lupa sunblock dan kacamata hitam. Atau saat memasuki tempat bersejarah atau suci maka gunakan pula yang sopan untuk menghargai adat istiadat.

8. Lakukan Interaksi Dengan Warga Lokal

Jangan ragu untuk berinteraksi dengan penduduk lokal. Mereka sering kali memiliki saran atau informasi tentang tempat-tempat tersembunyi yang tidak ada di panduan wisata. Bahkan tentu saja lebih banyak tahu tentang destinasi gratis yang unik atau cara mendapatkan harga yang lebih murah.

Saya sih termasuk yang suka berinteraksi dengan warga lokal karena sebagai solo traveler yang tentu saja melakukan semua hal sendiri tetap perlu ada obrolan bareng orang baru. Itulah dengan cara mendekati warga lokal dań berinteraksi agar perjalanan sendiri lebih menyenangkan.

9. Prioritaskan Keselamatan

Selalu utamakan keselamatan, baik dalam berkendara, memilih tempat menginap, atau dalam aktivitas wisata. Pastikan selalu mengikuti panduan atau peraturan setempat, terutama saat melakukan kegiatan petualangan.

Begitu pula jika menyewa kendaraan motor maka harus sesuaikan pula dengan peraturan misalnya harus ada SIM atau patuhi rambu lalu lintas karena liburan sendirian pasti lebih banyak tantangannya dan harus bisa handle sendiri.

Well, itulah beberapa tips liburan solo traveler dalam negeri yang menyenangkan versi Melalak Cantik. Jika kawan-kawan ada tips lainnya, boleh banget lho berbagi di kolom komentar agar bisa saling berbagi insight.g

You May Also Like

0 Comments

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.