Pertama Kali Solo Traveling ke Luar Negeri, Cocok Kunjungi Tiga Negara Ini!

by - Agustus 11, 2024

 Sejak melakukan solo traveling pertama ke luar negeri pada tahun 2017, tidak sedikit yang bertanya mengenai cara agar berani peri ke luar negeri sendiri. Selain pertanyaan itu, banyak pula pertanyaan negara mana yang cocoknya dikunjungi untuk traveling sendirian pertama kali.

Solo Traveling ke Negara ASEAN

Sebagai warga negara Indonesia yang tidak memiliki kekuatan passport yang begitu baik maka pilihlah negara-negara terdekat dan tidak memerlukan visa. Kita bisa berkunjung ke negeri jiran yang murah dan terjangkau segala sesuatunya.



Memang ada juga yang pertama kali mungkin langsung ke Eropa sendirian tetapi disesuaikan pula dengan budget yang dimiliki sih. Jika punya budget besar dan yakin bisa membiayai semua tanpa harus pusing dengan pengeluaran tidak salah mau ke Eropa.

Beberapa teman yang diajak ngobrol mengenai traveling pastinya menjawab bahwa mereka pun mulai pergi ke luar negeri dimulai dari Malaysia. Selain biaya pesawat, hotel dan makan yang masih murah tentu saja Bahasa yang untuk komunikasi masih mendasar dan bisa dimengerti.

Well, jika sudah punya kemampuan bahasa asing yang baik maka bisa menentukan pilihan untuk berkunjung ke negara-negara Eropa lainnya. Salah seorang teman yang saling mutual di instagram brawl menanyakan tentang trip beberapa negara ASEAN. Eh, sekarang sudah liburan sendiri sampai Amerika Latin.

Kunjungi Malaysia

Saya bisa katakan bahwa memang warga negara Indonesia di Malaysia begitu banyak, baik sebagai pekerja maupun liburan khusus di akhir pekan saja. Pergi di akhir pekan cuma 3 Hari bukan hal rumit untuk menambah cap di passport.

Saat asal pertama berkunjung ke Malaysia memang ada rasa deg-degan juga terutama apabila bepergian sendirian. Pertanyaan imigrasi atau saat pulang dari bea cukai memang terkadang di luar pemikiran tetapi selama jawaban benar bisa diatasi dengan baik.

Pergi sendirian ke Malaysia bisa dimulai dengan kunjungi Kuala Lumpur saja, pilih beberapa tempat wisata gratis yang sudah menjadi icon seperti Twin Towers KLCC, Batu Caves, Genting Highland dan beberapa spot seru lainnya.



Berfoto di Singapura

Tidak sedikit pula yang suka mengambil penerbangan ke Kuala Lumpur lalu lanjut ke Singapura. Mau biaya murah solo traveling bisa naik bus saja dari Terminal Bus Bersepadu Selatan Malaysia menuju Golden Miles Tower Singapura.

Biaya bus tidak begitu mahal namun pengeluaran di Singapura cukup menguras kantong. Kita harus bijak dalam menggunakan uang disana. Jangan terlalu banyak membeli yang bukan keperluan sih. Bahkan air minum satu botol ukuran sedang saja bisa seharga 4 botol di Indonesia.

Namun, pengalaman nikmati kota yang modern bisa dirasakan selama di Singapura. Selain itu, tentu saja keamanan untuk solo traveler lho. Saya bisa rasaran selama beberapa hari disana dan dapatkan kenyamanan itu.

Hunting Street Food di Thailand

Negara berikutnya yang selalu buat hati gembira dikunjungi adalah Thailand. Dengan keunikan tersendiri dari warganya membuat ingin terus berkunjung saja kesana. Bukan hanya kunjungi Bangkok tetapi beberapa kota menarik lainnya lho.



Memang bukan hal mudah menemukan makanan halal tetapi ada kesan tersendiri ketika berkeliling cari makanan halal. Mencoba aneka street food begitu seru dan memang harus bijak cari yang halal sih. Mau sendirian tentu saja Thailand sangat seru karena ada banyak sekali traveler dari berbagai negara juga.

Saya bahkan coba solo traveling langsung ke tiga negara ini dalam waktu bersamaan. Memang terkesan ekstrim tetapi dua minggu bisa terlalui dengan hati gembira dan tentu saja ada beragam tantangan juga namun menjadikan diri kuat sih.












You May Also Like

3 Comments

  1. dari 3 negara itu yg ga bosen2 aku datangin cuma malaysia dan thailand hahahahaha. surgaaaa bangetttt. kalo SG, untuk transit aja hihihi ;p. ga gitu tertarik juga kesana. udah cukuplah beberapa kali ke SG. duluuuu aku rutin ke SG krn seneng main di USS dan naik reverse bungee dan giant swing di Clarke Quay.

    tapi toh sekarang udah ada di bali.. jd ngapain ke SG lagi ;p. kecuali uss, tapi aku udh bosen juga ama uss :D

    thailand ga bosen utk kuliner dan shopping... kalo malaysia pun sama, terlebih aku punya banyak temen di sana.. jd ga bakal bosen juga

    BalasHapus
  2. sekarang kayaknya udah makin banyak yang berani traveling sendirian, luar biasa buat keberanian mereka juga
    Dan rata-rata pilihan mereka adalah negara tetangga seperti malaysia, singapur, atau thailand ini.
    sependapat kayak mba fanny, kalau di thailand surga banget buat kulineran, aku puas makan disana, enakk banget astagahh

    BalasHapus
  3. Travelling ke luar negeri itu seru banget karena bisa menyaksikan sendiri perbedaan culture di negara lain. Meskipun Indonesia dan Malaysia serumpun tapi di Malaysia beneran beda banget dan fasilitas nya lengkap. Aku udah beberapa kali ke Malaysia tapi belum pernah berkunjung ke genting highland. Next time ke Malaysia aku mau coba kesana deh.

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.