Jelajahi Museum Daerah Deli Serdang, Bisa Ngapain Aja Sih?

by - Juni 30, 2024

 Berbicara tentang museum memang tidak ada habisnya karena tentu saja ada inovasi yang selalu dilakukan oleh pengelola. Museum milik swasta atau pemerintah punya ciri khas masing-masing. Oleh karena itu, saat sedang berlibur ke sebuah daerah tidak mau melewatkan untuk kunjungi museum daerah.

Jelajahi Museum Deli Serdang

Kawan melalak cantik pasti baru saja melihat postingan instagram akun Ririn Wandes yang baru saja melakukan siaran langsung bersama pihak museum. Bener sekali, itu adalah museum daerah Deli Serdang yang berada di Lubuk Pakam.

Beberapa orang mungkin banyak suka berpikir bahwa berkunjung ke museum akan membosankan padahal ada hal seru atau sesuatu yang menyenangkan dan belum persah dilakukan. Siapa yang ingin ikut jelajahi museum berama Ririn Wandes? Yuk bokeh baca ulasan sampai selesi ya!

museum daerah deli serdang


Kenapa Harus ke Museum?

Ketika sering membagikan cerita saat betada di museum baik dalam maupun luar negeri, pasti menemukan pertanyaan kenapa harus ke museum. Menurut Saya, ini bukan pertanyaan sih karens ketika kita tahu yang disenangi maka akan terlalui dengan happy.

Kenapa sih harus ke museum? Baiklah, Saya akan menjawab untuk pertanyaan ini karena pasti kawan-kawan melalak cantik banyak pula yang sudah menunggu jawabannya. Jadi, alasan utama Saya adalah memang mau mengenal lebih dekat suatu daerah dari museum.

Selanjutnya, Saya punya alasan bahwa hal-hal pada masa lalu itu sangat menarik untuk diketahui, memang tidak semua orang suka tapi Saya menikmati sih. Setidaknya bisa belajar bahwa sebelum bisa nikmati segala hal modern ini, dulu ada hal-hal yang sederhana dan hidup orang pada masa itu tetap bisa terjalani juga.

Mengenal Museum Deli Serdang

Berhubung Saya mengunjungi museum Deli Serdang maka kita akan memahami lebih lancet tentang museum tersebut. Siapa yang sudah pernah kesini? Ayo boleh mengacungkan jari sembari baca artikel ini!

Well, museum daerah Deli Serdang adalah museum sejarah dan budaya yang terletak di lokasi kompleks perkantoran pemerintahan yaitu Tanjung Garbus I, Lubuk Pakam.

jelajahi museum deli serdang


Bangunan yang modern menjadikan kunjungan ke museum lebih menyenangkan. Kita tidak merasa takut melihat barang-barang antik tetapi justru memandangi dengan pencahayaan yang terang sehingga buat nyaman.

Aktifitas Seru di Museum

Sejak memasuki museum melewati taman, Saya melihat ada seorang ibu sedang bermain ular tangga bersama dua anaknya. Terlihat betapa serunya permainan yang dimainkan karena alas besar yang dijadikan sebagai papan ular tangga. 

Jadi, konsepnya bukan lagi hanya menggunakan kertas, melemparkan dadu kecil dan jalankan pemain ke kotak-kotak. ini bisa langsung dimainkan dengan pemain yang langsung melompati setiap kotak. Dady yang digunakan pun berbahan kain yang ukuran besar pula.

Nah, anak-anak yang dibawa ke museum pasti senang bisa lakukan aktifitas ini, setidaknya mereka bisa tahu bahwa sebelum mereka lahir pun sudah ada permainan ini. Hanya saja, bisa lebih menyenangkan ketika langsung dimainkan oleh pemainnya.

Selanjutnya, Saya pun masuk dari pintu depan dan membeli tiket, harga yang sangat terjangkau hanya 3000 lho. Jadi, Saya pun menanyakan ke counter ticket dan kemudian bertemu dengan guide yang akan menjelaskan lebih banyak tentang museum.

Setelah sudah berada di dalam, langsung menuju bagian informasi dan menyerahkan tiket yang akan diperiksa kemudian mencatatkan nama di buku tamu. Lalu, penjelajahan dimulai dari lantai 1 untuk mengetahui tentang hal-hal masa pra sejarah.

Selesai dari lantai 1, lanjut menuju lantai 2 yang mana tangganya sangat nyaman dan cocok untuk para disabel. Bagian tangga pun instagrammable untuk berforo lho apalagi pada sisi kanan terdapat lukisan-lukisan menarik mengenai putri hijau dan informasi bersejurah lainnya.

tiket museum deli serdang


Kami terus mengelilingi museum sampai ke lantai paling atas dan melihat ada ruang multimedia untuk nikmati night at the museum. Saya pun punya buku tentang pencarian barang bersejarah yang hilang dari museum lho. Itulah memang secinta itu dengan museum dan suka penasaran hal-hal yang ada pada masa itu.

Bagaimana dengan kalian,gaes? Harus banget deh mulai kunjungan ke museum daerah Deli Serdang ini dan lihat langsung apa saja yang ada disana serta bisa ikut aneka kegiatannya.

Lokasi Museum Daerah Deli Serdang

Petapahan, Kec. Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20517

Jam Buka Museum

Senin-Jumat: 10.00 s/d 16.00 win

Sabot dan Minggu: Tutup








You May Also Like

0 Comments

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.