Traveling Belanja Buku di Gramedia Sudirman Yogya, Instragammable dan Unik Buat Foto dan Baca

by - September 24, 2023

 Ketika mengunjungi sebuah kota tentu tidak ingin melewatkan toko buku. Singgah, membaca dan membawa satu atau lebih buku bukan hal buruk. Mengalokasikan dana untuk belanja buku begitu menyenangkan karena artinya ada teman baru di perjalanan maupun sesuatu yang bisa dibawa pulang mengisi ruang.

Beberapa kali traveling di dalam maupun luar negeri selalu ingin membeli buku. Kali ini, Saya mau berbagi cerita saat berkunjung ke toko buku Gramedia Sudirman Yogyakarta. Sejak awal ada rencana mau berlibur ke Jogja tentu toko buku ini tidak terlewatkan masuk ke dalam daftar yang mau dikunjungi.



Apa Sih Hal Menarik di Gramedia Sudirman Yogya?

Ini adalah pertama kali bisa menginjakkan kaki di toko buku Gramedia Sudirman Yogya. Sebelumnya hanya melihat dari postingan media sosial orang lain saja. Ternyata memang banyak sekali buku-buku yang dijual jauh lebih murah dibandingkan di kota Medan.

Bagi bookworm tentu sebuah toko buku seperti surga dunia, begitu pula yang sudah Saya bayangkan bisa masuk ke dalamnya. Ingin membawa pulang keseluruhan koleksi buku yang ada disana tetapi memikirkan bagasi yang sudah penuh belanja beragam hal di Bandung.

Hal menarik di Gramedia Sudirman Yogya ini adalah desain arsitektur yang unik. Sejak awal turun dari ojek online, Saya pun langsung takjub melihat bangunan khas Eropa yang berdiri kokoh di hadapan Saya. Warna putih tampak indah meskipun saat itu langit mulai menggelap karena hujan segera turun membasahi bumi Jogja. Terdapat monumen Ki Hajar Dewantara pada bagian depan toko buku ini yang memang sebelumnya sudah ada sejak lama dan kini dipercantik lagi.



Ruangan dari toko buku ini cukup besar karena terdiri dari empat lantai. Saat itu, untuk lantai dasar menjual sepeda, beragam tas, dompet dan lain sebagainya. Menuju lantai dua terdapat beragam alat tulis yang unik, kartu ucapan, map, jam dinding dan beragam produk lucu lainnya. Ketika berada di lantai 3 barulah surga buku terpampang nyata, bisa pilih sepuas hati disesuaikan dengan budgetnya.




Gramedia Sudirman ini merupakan yang terbesar di Jogja makanya tidak heran pula jika koleksi buku yang dijual pun relatif lengkap. Beberapa koleksi yang tidak ada di Medan tentunya ada disana. Saya pun sempa khilaf melihat semua koleksinya karena memang judul yang jarang di Medan ada di toko ini.

Fasilitas Gramedia Sudirman

Dengan bangunan toko buku Gramedia yang besar ini maka terdapat halaman parkir yang lumayan luas pula. Jika kalian membawa kendaraan tidak perlu khawatir karena nyaman untuk memarkirkan mobil atau motor.




Saya sendiri memang naik ojek online dikarenakan memang sedang traveling di Jogja maka tidak punya kendaraan pribadi yang bisa dibawa. Oh ya, Saya juga tidak ada sewa motor karena lebih nyaman naik kendaraan umum saja untuk kesana kesini.

Btw, jika kamu bawa barang atau tas juga tidak perlu khawatir karena ada tempat penitipan barang. Ruangan juga nyaman karena ada AC setiap lantaiya tapi jangan pula duduk baca di lantai ya. Meskipun tidak ada bangku duduk, kamu mending beli buku dan duduk santai saja di cafe yang ada di lantai 1.

Tentunya menyenangkan sekali ada waktu yang diluangkan untuk bisa mengunjungi toko buku ketika traveling begini. Saya pun bisa melihat aktifitas warga lokal terutama mahasiswa yang mana Jogja memang dikenal sebagai kota pelajar.

Lokasinya juga tidak jauh dari kampus UGM lho apalagi memang letaknya di persimpangan maka mudah sekali untuk ditemukan. Gedung putih yang unik akan langsung menonjol dan menjadi sorotan. Yuk bisa mampir ke Toko Buku Gramedia Sudirman Jogja bagi kawan melalak cantik yang mau berlibur ke Jogja.

Toko Buku Gramedia Jogja
Jl. Jend. Sudirman No.54-56, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224
Jam Buka:
Senin/Minggu: 09.00 s/d 21.00











You May Also Like

2 Comments

  1. rasanya semua tempat di Jogya terlihat estetik gitu ya
    Bahkan Gramedia aja, nampak luarnya megah kayak gini dengan bangunan dominan warna putih
    kalau di kota lain, bahkan kotaku aja, bagian depannya kayak bangunan gedung biasa

    menarik juga ya kalau blusukan ke toko buku, biasanya yang aku masuki toko buku yang unik, yang versi lokalan karena penasaran.
    Mungkin next time cobain di kota lain buat masuk ke gramedia nya juga

    BalasHapus
  2. Pernah liat gedung ini pas ke Jogja, tapi aku ga masuk 😄. Mengagumi dari jauh aja. Kalo strbx ada beberapa bangunannya yg masuk kategori tercantik , Gramedia yg menang mungkin yg di Jogja ini yaa 😄. Cantik bgt gedungnya.

    Pengen beli buku, tapi hasil hunting dari lapak toko buku bekas kemarin aja masih ada 200an buku belum dibaca Rin 🤣🤣🤣🤣. Jadi ga mungkin aku beli dulu 😂.

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.