Tips Mudah Investasi Properti Bagi Pemula Setelah Pandemi

by - September 04, 2023

 Sebagaimana diketahui bahwa pandemi ini sunguh berdampak sekali bagi kehidupan siapapun termasuk para pelaku bisnis properti. Sebagai pemula yang ingin mulai cari tahu tentang investasi properti pun kini mencari informasi dari berbagai referensi.

Sejak pandemi yang menghampiri pada tahun 2020 lalu tentu ada banyak yang berubah mengenai properti. Segala sesuatu berubah termasuk harga dan sistem perkembangan dalam bisnis properti itu sendiri.



Investasi Real Estate ini pun semakin berkembang meskipun terkena dampak pandemi beberapa tahun belakangan. Ada istilah Dana Investasi Real Estate yaitu  aktivitas menghimpun dana atau modal dari masyarakat sebagai pihak investor untuk nantinya diinvestasikan ke properti. Investasi dilakukan secara langsung dengan membeli rumah atau gedung. Bisa juga tidak langsung seperti melalui saham dan obligasi milik perusahaan properti.

Real Estate adalah istilah dari bahasa Inggris. Real estate artinya sebuah properti yang berbentuk tanah serta bangunan. Tentunya dalam bisnis properti ada risiko juga yang dihadapi seperti kehancuran tanah dan bangunan yang disebabkan oleh gempa, tanah longsor, tsunami dan lain sebagainya.

Investasi Properti Bagi Pemula


Lalu bagaimana caranya seorang pemula bisa mengetahui tips mudah investasi properti? Mari simak beberapa tips dari Melalak Cantik berikut ini!

1. Pilihlah Lokasi Strategis


Tentu banyak pilihan penawaran yang diberikan oleh berbagai pengembang a.k.a developer namun harus diperhatikan pula lokasinya. Bisa saja harga begitu murah tetapi lokasi yang memang tidak strategis, tidak sesuai dengan kondisi keramaian di sekitarnya.

Pastinya kita memiliki beragam pertimbangan saat mau memilih untuk berinvestasi di bidang properti. Kawasan sekitar tentu juga harus mendukung agar kita tahu bagaimana prospek ke depannya dan menjadikan investasi itu semakin berkembang pula.

2. Memilih Developer Terpercaya


Selain sudah memilih lokasi strategis maka pertimbangan berikutnya adalah mencari tahu pihak developer. Tentu tidak sembarangan sekedar mau investasi tetapi tidak ketahui developer untuk properti tersebut.

3. Cari Tahu Fasilitas di Sekitar Lokasi 

Meskipun properti ini nantinya hanya untuk rumah kedua atau sekedar memudahkan dalam berinvestasi saja. Tetapi tentu harus tahu pula fasilitas di sekitar lokasi properti. Ketika nantinya mau memasarkan ke orang lainnya tentu si pembeli akan cari tahu ada fasilitas apa saja. Beragam kemudahan biasanya akan menjadi pertimbangan utama.

4. Cari Tahu Harga Jual di Lingkungan Sekitar

Sebagai pemula yang mau mulai berinvestasi dalam bidang properti pastikan pula paham dan mencari tahu harga jual di lingkungan sekitarnya. Bisa saja harga disesuaikan dengan kondisi di sekitar membantu perkembangan bisnis ke depannya.

5. Siapkan Dana dan Lain Sebagainya


Mau berinvestasi properti pastinya harus ada dana yang disiapkan, mau beli rumah pertama atau kedua bahkan mungkin untuk ke sekian kalinya pun tetap harus pikirkan dananya. Misalnya mau menyicil juga harus ada Down Payment (DP) yang disiapkan.

Perhitungkan segala sesuatunya ketika mau mulai berinvestasi. Tentu akan menjadi lebih mudah apabila sudaht tahu perhitungan segalanya termasuk suku bunga, gaji yang dimiliki sehingga tahu berapa banyak dana dialokasikan untuk investasi properti ini.

Mengenal Mortgage Calculator

Adakah kamu yang pernah mendengar Mortgage Calculator? Well, definisi dari Mortgage Calculator atau Kalkulator Hipotek jika dibaca sumbernya dari Wikipedia yaitu alat otomatis yang memungkinkan pengguna untuk menentukan implikasi keuangan dari perubahan dalam satu atau lebih variabel dalam pengaturan pembiayaan hipotek.

Mortgage Calculator



Apa sih fungsi sebenarnya dari Mortgage Calculator? Nah, sebagai investor pemula sekalipun di bidang properti tentu harus coba menggunakan kalkulator ini. Jadi dengan adanya Mortgage Calculator ini untuk menghitung kapasitas seseorang sebelum mengajukan kredit kepemilikan rumah.

Dengan adanya perhitungan menggunakan Mortgage Calculator ini tentu tidak sekedar bayang-bayang hitungan saja. Investor akan lebih jelas melihat angka-angka nyata yang menunjukkan sejauh mana sebenarnya kemampuan dalam menjalankan bisnis properti ini ke depannya.

Bahkan perlu kawan melalak cantik ketahui bahwa dengan menggunakan Mortgage Calculator ini pun bisa memperhitungkan suku bunga pinjaman hingga berbagai kemungkinan yang bisa diambil dalam kaitan proses kredit.

Nah, beberapa poin penting yang bisa dibantu perhitungannya dengan Mortgage Calculator ini antara lain DP (Down Payment), tenor, bunga berjalan dan lain sebagainya. Nantinya diperhitungkan pula dengan penghasilan yang dimiliki saat ini dan tahun berikutnya sehingga akan lebih memudahkan dalam hitungannya.
















You May Also Like

2 Comments

  1. Ada temenku yg ga memperhitungkan ttg kenaikan bunga yg floating. Jadinya cicilan rumah pun bengkak saat interest naik.

    Jadi memang harus bener2 dipersiapkan kalo mau beli rumah apalagi yg secara cicilan. Sebisa mungkin jgn ada hutang lain saat sedang melunasi KPR rumah, kec keuangan memang mencukupi utk itu

    BalasHapus
  2. dulu aku mikir, enak kali ya kalau bisnis properti, incomenya besar. Ehmm ternyata ga semudah yang aku pikirkan, pasti mereka mereka yang udah jago jualan pun awalnya harus mulai dari nol juga.

    apalagi buat pemula yang kadang itung itungan aja bisa bikin bingung, sama halnya kayak marketing yang jualan, awalnya pasti bingung gimana ngitung alokasi duit yang harus dibayarkan

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.