Review The Capsule Hotel 100 Ribuan di Jogja

by - September 24, 2023

 Sendirian berlibur ke Jogja tentu lebih baik menghemat budget penginapan terutama jika menghabiskan lebih dari 2 malam. Solo backpacker pastinya mau mengeluarkan dana lebih sedikit untuk penginapan karena ada biaya lainnya harus dikeluarkan tanpa bisa sharing cost dengan orang lain.

Sebenarnya Saya lebih suka menikmati kamar sendirian dikarenakan ada waktu untuk me time dan bercerita mengenai segala keluh kesah dengan diri sendiri. Tetapi ada masanya juga suka tidur di hotel kapsul atau dormitory saat traveling khususnya ketika berada di luar negeri karena bisa banyak lakukan interaksi dengan tamu lainnya.

Biasanya memang yang menginap di dormitory atau hotel kapsul itu para solo traveler yang mau hemat budget dan cari kawan di penginapan. Nah, bisa saja tidak semua orang nyaman seperti itu tetapi tidak sedikit pula yang lebih suka menginap ramai-ramai begitu.

The Capsule Hotel Malioboro


Pengalaman Pertama Nginap di Hotel Kapsul

Beberapa teman akan terkejut jika mendengar Saya mengatakan bahwa tidur di hotel kapsul. Membayangkannya saja sudah tidak mau kata teman karena pasti sesak berada di ruang sempit. Memang tidak semua orang bisa cocok berada di dalam kapsul hotel yang sempit, masih lebih bisa bernafas di kamar dormitory.

The Capsule Hotel Malioborov


Bagi Saya yang sudah mencoba beragam jenis penginapan maka sudah mulai terbiasa dengan sistem tidur di berbagai ruangan. Ini pertama kali nginap di hotel kapsul saat di Jogja karena sebelumnya pasti bermalam di hotel bintang 5 atau sekedar di hotel bintang 3 biasa.

Sejak awal memutuskan mau singgah ke Jogja juga dari Bandung, langsung kepikiran untuk cari penginapan yang nyaman dan ada nuansa tradisional. Tetapi tidak lama menonton review yang bernuansa Jawa langsung ada rasa takut ambil yang tradisional padahal aman saja tentunya. Hanya saja memang ada rasa takut dengan haunted hotel maka akhirnya memutuskan hotel kapsul saja.

Fasilitas dan Pelayanan The Capsule Hotel Jogja

Dengan budget yang terjangkau ini menurut Saya sudah cukup bagus hotelnya karena terutama kebersihan paling utama. Sejak awal turun di depan hotel langsung melihat halaman yang bersih, terpampang tulisan The Capsule Hotel Malioboro di depannya.

The Capsule Hotel Malioboro


Memang tidak berada di jalan utama kawasan Malioboro tetapi masih lebih mudah ditemukan karena cukup masuk ke dalam Jalan Sosrowijayan saja. Taksi online yang membawa Saya ke hotel tersebut pun berhenti, Saya pun segera langsung masuk membawa tas ke dalam.

Ketika sudah sampai disambut oleh bagian resepsionis yang melayani dengan ramah, menanyakan bukti booking dan langsung memberikan kartu ruang kapsul dan memberi beberapa informasi seperti kunci loker, sandal kamar mandi, handuk, sikat gigi, air mineral dan lain sebagainya.

Saya cukup puas dengan budget yang dikeluarkan hanya 100 ribuan karena bisa mendapatkan ruangan nyaman dengan televisi kecil di dalamnya, ada selimut, bantal yang tentu masih nyaman untuk tidur sendirian.

The Capsule Hotel Malioboro


Selain itu, fasilitas loker juga ada untuk menyimpan tas sehingga ruangan kapsul yang kecil tidak terganggu dengan beragam barang yang dimiliki. Sandal pun disediakan sehingga masuk kamar mandi dan menginjakkan kaki ke dalam ruang kapsul lagi tetap bersih.

Oh ya, WiFi juga lancar tentunya sehingga mau berselancar di dunia maya pun tetap asik saja. Serta tentunya bisa pesan lengkap dengan sarapan lho. Saya ambil satu hari yang pakai sarapan sehingga saat itu bayar 277 ribu sudah untuk dua malam. 

The Capsule Hotel Malioboro


Menurut Saya pelayanan pun masih kategori standard sih, tidak ada perlakuan menyebalkan dari para staff baik saat di bagian resepsionis maupun mini restoran. Ketika sarapan pagi diberikan roti bakar dan buah-buahan serta dibuatkan teh hangat. Itu sudah cukup buat Saya yang memang tidak banyak makan di pagi hari.

The Capsule Hotel Malioboro


Oleh karena itu, menyenangkan bisa dapat hotel murah di Jogja karena perlu yang terjangkau untuk sekedar tidur di malam hari. Selebihnya lebih banyak lakukan aktifitas di luar, namanya traveling pasti maunya menjelajahi setiap sudut kota donk. Gimana? Sudah dapat referensi nginap murah di Jogja kan?


The Capsule Hotel Malioboro Jogja

Jl. Sosrowijayan No.13-14, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271








You May Also Like

3 Comments

  1. aku juga berpikiran sama kayak mba ririn, kadang kala ada rasa pengen nyobain yang hemat kayak di hotel capsul gini. Akhirnya kesampaian waktu dulu ke HCMC, dan awal-awal memang agak susah mau gerak ya, berasa diruangan sempit. Minimal rasa penasaranku udah terobati

    BalasHapus
  2. Salah satu kawanku malah pernah bilang, hotel kapsul itu seperti peti mati, wkwk. Aku udah beberapa kali menginap di hotel kapsul dan nggak masalah, sudah terbiasa dengan ruang sempit.

    Kalau sarapannya cuma roti bakar begitu, aku prefer makan di luar kak. Modal Rp10 ribu udah bisa dapet nasi dan kopi hehe.

    BalasHapus
  3. Msh belum kesampaian nih Rin mau cobain kapsul hotel . Penasaran. Pengennya sih yg bisa terima anak2, jadi ntr mereka juga stay sendiri atau berdua di kapsul.

    Aku sendiri ga oernah solo traveling, tapi rasanya kalo nanti berubah pikiran, kapsul hotel gini LBH cocok memang, Krn ga usah sharing Ama yg lain, tapi juga ga bakalan takut sendirian, Krn nempel deketan 😄😄

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.