Solo Traveling di Jogja, Intip Aktifitas Seru Bisa Dilakukan Sendiri Aja

by - September 17, 2023

 Bepergian sendiri bukan menjadi hal menakutkan saat ini. Tentu bukan menjadi sebuah momok mau berlibur di dalam maupun luar negeri bagi seorang female solo traveler. Beragam info bisa dengan mudah didapatkan agar perjalanan bisa lebih menyenangkan. Ingin sendiri maupun rombongan adalah sebuah pilihan.

Bagaimana jika seorang solo traveler mau liburan sendiri di Jogja? Apakah aman liburan di Jogja sendirian? Adakah tips aktifitas seru bisa dilakukan sendiri aja disana? Yuk baca selengkapnya di bawah ini!

Tips Liburan di Jogjakarta


Aktifitas Seru Dilakukan Sendirian di Jogja

Kawan melalak cantik yang sudah sering bepergian sendiri tentu tidak khawatir lagi mau berlibur kemana pun. Terkadang bahkan sudah punya self defense dan tahu apa saja yang perlu dihindari. Selain itu, biasanya sudah tahu apa saja kegiatan yang ingin dilakukan agar lebih bahagia dan menikmati setiap perjalanannya.

Saya sudah beberapa kali melakukan solo traveling ke Jogja bahkan bisa dikatakan hanya sekali bepergian bersama rombongan ke Jogja pada tahun 2017 lalu. Itu adalah dalam rangka kegiatan menghadiri konferensi nasional dari salah satu lembaga milik negara.

Memang bepergian bersama tim akan menyenangkan karena beramai-ramai dalam melakukan aktifitasnya. Namun, kalian harus pula punya kesempatan meskipun sekali untuk bisa bepergian ke Jogja. Apakah akan lebih seru sendiri atau beramai-ramai?Tentunya ada kesan masing-masing yang tidak bisa digabungkan begitu momennya.

Berhubung ada banyak yang mengirimkan pesan melalui DM instagram mengenai aktifitas seru yang bisa dilakukan oleh solo traveler di Jogja. Nah, inilah beberapa yang sudah saya lakukan dan memang dalam waktu singkat serta hanya di sekitar pusat kota saja.

1. Jalan Santai Saat Siang dan Malam di Malioboro

Siapa sih yang tidak kenal dengan Kawasan Malioboro? Pastinya sudah sangat familiar nama kawasan tersebut di telinga warga Indonesia bahkan mungkin juga mancanegara. Bisa mengelilingi setiap sudutnya adalah sebuah impian tersendiri bagi Saya pada jaman dulu sebelum akhirnya bisa menginjakkan kaki disana berkali-kali.

Pada masa sekolah, bayangan tentang Malioboro itu sebagai kawasan seru yang diisi oleh para wisatawan maupun penduduk lokal. Bisa dengan mudah mencari jajanan lokal, oleh-oleh serta melihat para musisi jalanan di sekitarnya.

Meskipun sekarang sudah sedikit berbeda suasana Jogja tapi tetap memiliki kesan tersendiri di hati Saya. Awal kedatangan pada tahun 2012 memang masih sangat seru dengan kemacetan dan kepadatan di sisi kanan dan kiri jalan. Penjual, pengunjung, pengamen semua ada tumpah ruah jadi satu di jalanan.

Kini, kawan melalak cantik yang sendirian pun tetap bisa lakukan beberapa kegiatan di kawasan Maliboro ini. Cobalah untuk naik becak berkeliling beberapa wilayah lainnya dengan harga yang terjangkau pula atau mau naik andong juga tidak masalah sekaligus dukung ekonomi rakyat lokal.

Tips Liburan di Jogjakarta


Jika mengambil penginapan di kawasan Malioboro maka bisa berlama-lama keliling di sekitar sini. Siang hari main ke Museum Benteng Vredeburg, lanjut jalan sampai ke Keraton juga tidak membuat kaki lemas tapi ada rasa lelah donk.

Mau belanja sekarang bisa langsung masuk saja ke Teras Malioboro, ini memang pemindahan dari lapak jualan sebelumnya yang banyak di pinggir jalan. Mau cari suasana pasar pun masih di Malioboro bisa saja masuk ke Pasar Beringharjo. Ingin makan cepat saji di dalam mall pun ada lho itu Mall Malioboro sambil ambil duit ke ATM ya disitu juga bisa.

Nah, malam hari pun bisa lihat beragam atraksi seni, misalnya saja di salah satu toko oleh-oleh ada yang mempertunjukan seni musik di depannya sehingga akan ramai yang berdiri sambil nonton tentunya. Begitu pula di depan Pasar Beringharjo, ada biasanya musisi yang menunjukkan skill bermusiknya.

Masih kurang puas dengan seni itu, ada pula penampilan seni seperti tarian jaran kepang diiringi nyanyian dan permainan alat musik. Menurut Saya, itu sepertinya memang disediakan langsung oleh pemerintah daerah karena dari segi kostum pun sudah memang lebih terlihat proper sih.

Tips Liburan di Jogjakarta


2. Nikmati Ice Cream Tempo Gelato

Sekedar beli es krim Gelato mungkin bisa saja di kota asal kamu saja tetapi akan ada kesan tersendiri ketika nikmatinya di Jogja. Saya pun sudah sering beli es krim Gelato di Medan tapi dengan suasana bangunan yang lebih unik itu buat Jogja menjadi beda.

Ada beberapa cabang Ice Cream Tempo Gelato yang bisa kamu kunjungi. Pilih saja sesuai kemauan dan memang sama saja yang disajikan tapi lokasinya kan berbeda meskipun vibes hampir sama juga. Saya infokan ke kawan-kawan beberapa lokasi seperti Tempo Gelato Tamansiswa, Tempo Gelato Kaliurang dan Tempo Gelato Prawirotaman. Nah, Saya memilih lokasi yang terakhir diinfokan karena memang belum pernah yang kesitu juga makanya mau coba hal baru.

Tips Liburan di Jogjakarta


3. Hunting Buku di Gramedia

Udah biasa banget sih masuk toko buku terutama Gramedia yang di kota mana aja pun ada cabang lho. Sebagian kawan-kawan pasti menanggapi seperti itu, tenang dulu deh. Toko Buku Gramedia memang ada banyak cabang di Indonesia tapi untuk Jogja memang harus dikunjungi juga terutama Gramedia Sudirman.

Tips Liburan di Jogjakarta


Hayo kenapa kira-kira? Dari luar saja sudah bisa melihat bangunan khas dengan arsitektur mahal seperti jaman Belanda. Di bagian depan terdapat patung setengah badan Ki Hajar Dewantara sebagai simbol pendidikan itu sendiri maka cocok sih ada di depan sebuah toko buku. Selain itu, harga buku disini semua serba murah banget, bisa khilaf mau borong aja deh.

4. Wisata Sejarah dan Budaya ke Taman Sari

Sempat hits bermunculan foto-foto masyarakat yang melakukan pre-wedding di Taman Sari. Begitu pula postingan anak-anak instagram yang menunjukkan betapa bagus suasana di dalam kawasan tersebut. Selain itu, tentu memang bangunannya memiliki nilai sejarah dan budaya yang sudah ada sejak lama.

Taman Sari yang merupakan sebuah situs bersejarah dimana merupakan bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Setiap hari buka mulai pukul 09.00 wib sampai 15.00 wib, mau sendirian saja tentu tidak perlu takut karena kamu pun akan menemukan guide di dalam serta bisa bayar seikhlas saja. Selain itu, sangat membantu untuk mengambilkan foto kamu selama disana lho, tentu menyenangkan sekali bagi si palilng solo traveling ini.

Tips Liburan di Jogjakarta


5. Masuk ke Keraton Yogyakarta

Punya jatah libur yang tidak banyak dan senang jalan-jalan di Yogya maka harus memasukkan daftar kunjungan pula ke Keraton Yogyakarta terutama bagi kamu yang baru pertama kali. Bagi Saya yang sudah beberapa kali ke Jogja pun tetap senang saja memasuki situs-situs bersejarah disana.

Siapkan budget untuk masuk sekitar 15 ribu saja untuk dewasa dan 10 ribu untuk anak-anak. Jika kamu nantinya bepergian dengan teman yang merupakan warga asing maka dikenakan 25 ribu untuk wisatawan tersebut karena harga 15 ribu untuk wisatawan domestik saja.

Well, gimana? Apakah sudah ingin memulai petualangan di Jogja sendiri saja? Saya pun senang jika bisa berbagi cerita yang berdasarkan pengalaman pribadi. Tentu ada banyak hal seru lainnya bisa dilakukan tetapi Saya hanya bagikan sesuai yang sudah dilalui terutama baru saja liburannya akhir tahun 2022 lalu.

You May Also Like

1 Comments

  1. Jogja memang ngangeninnnn banget. Tapi solo traveling ga cocok buatku Rin 🤣. ..

    Udah pernah coba, pas ke Palembang, nekad sendiri, dan malamnya langsung telp suami suruh datang PAgi2 🤣🤣. Ga bisa samasekali aku kalo sendiri. Makanya selama ini selalu Ama Raka, atau travel mate ku. Kalopun mereka ga bisa nemenin, pilihan lain Ama travel. Yg penting aku ga sendiri aja. 😁. Soal nyaman dan ga sih ini.

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.