Cara Naik Bus Rapid Penang dan Tips Cari Tahu Rute Perjalanan

by - Agustus 20, 2023

 Siapa yang sudah berkali-kali ke Penang tapi belum pernah naik bus dalam kota? Mungkin bagi sebagian orang akan terasa ribet apalagi jika bawa rombongan keluarga. Sebenarnya bisa lebih menyenangkan juga untuk bisa melihat warga lokal atau ikut berinteraksi ketika menantikan bus. Nah, bagi solo traveler sepertinya info bus akan sangat berguna karena pasti banyak juga keuntungannya donk. Simak selengkapnya di bawah ini yuk!

Bus Rapid Penang


Cari Tahu Bus Rapid Penang

Well, Rapid ini merupakan merek bus umum di Negara Bagian Penang yang dibentuk sebagai anak perusahaan dari Prasarana Malaysia pada tahun 2007. Nah, hingga saat ini bisa kawan melalak cantik temukan sebagai operator angkutan umum utama di Penang.

Awal saya naik bus Rapid Penang ini sekitar tahun 2016 yang merupakan pengalaman pertama menginjakkan kaki di Penang. Saat itu berlibur dengan seorang teman yang mana kami ingin menjelajahi bagian lain Malaysia selain Kuala Lumpur.

Berhubung mau menghemat biaya maka kami mengambil bus dari Stasiun Sungai Nibong. Pada waktu itu, kami naik bus dari Kuala Lumpur menuju Penang dan buat titik perhentiannya pun di Sungai Nibong. Dari stasiun menuju hotel, memutuskan untuk coba Rapid Penang agar biaya yang dikeluarkan lebih hemat.

Ternyata memang lebih mudah meskipun durasi perjalanan bisa lebih lama karena harus berhenti di beberapa Bus Stop. Tetapi jika mau menikmati suasana jalanan dan tidak terburu-buru tentu bukan hal yang sulit untuk naik Rapid Penang.

Cara Naik Bus Rapid Penang dan Tips Cari Rute Perjalanan

Bagi sebagian traveler mungkin akan terkesan ribet mencari tahu informasi nomor bus yang perlu diberhentikan atau dipilih saat di Bus Stop. Tapi, jika sudah tahu tujuannya maka lebih mudah cari tahu nomor yang mau dinaikkan. Biasanya saat berada di Bus Stop yang ramai akan tampak banyak para calon penumpang sudah bersiap menghentikan bus.

Bus Rapid Penang


Tentu tidak salahnya bertanya dengan warga lokal yang juga sedang menantikan bus. Tapi apabila kawan melalak cantik termasuk pemalu atau segan,bisa cek langsung saja di Google Maps. Saya selalu mengandalkan aplikasi tersebut saat mau tahu nomor bus yang akan dihentikan.

Biasanya mulai ketik rute yang mau dituju di Maps, setelah itu buat titik awal berdiri. Lanjut klik rute maka akan disarankan dengan nomor bus yang melalui jalur tujuan kita. Disitu bisa melihat pula durasi perjalanan sampai tujuan serta berapa lama harus menunggu sampai bus tiba di Bus Stop.

Biaya yang dikeluarkan biasanya langsung saya tanyakan ke supir bus. Nantinya ketika sudah menghentikan bus yang diinginkan maka bus akan berhenti. Setelah naik ke dalam bus, kita langsung ketemu sebuah kotak karcis dan supir membantu tanya tujuan perjalanan. Lanjut diinfokan biayanya dan kita masukkan uang ke kotak duit dan karcis pun keluar juga.

Bus Rapid Penang


Biasanya biaya tidak terlalu mahal bahkan untuk perjalanan yang bisa sampai sejam sekalipun masih termasuk kategori budget murah. Saya suka naik Rapid Penang ke Gurney Plaza atau bahkan sampai ke Entopia yang berada di ujung rute terakhir. Ongkos masih sekitar di bawah 20 ribuan lho, sungguh solo traveler penyuka petualangan suka dengan naik bus begini.

Bus Rapid Penang


Tentunya bagi yang membawa keluarga sudah berumur atau anak masih terlalu kecil akan berfikir cukup repot dan lebih baik naik taksi. Semua tergantung kebutuhan dan keinginan saja sih. Jika liburan bersama teman-teman dan ingin merasakan hal menyenangkan maka pilihlah naik bus begini karena pasti seru serta buat lebih fun suasana trip kalian.

Bus Rapid Penangv



You May Also Like

0 Comments

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.