Tips dan Cara Ambil Duit Cash di ATM Hat Yai, Thailand

by - Mei 28, 2023

 Apakah kalian termasuk si paling cashless? Atau lebih suka bawa uang tunai saat traveling? Pastinya kita punya preferensi berbeda-beda dalam hal uang yang digunakan dalam perjalanan. Saya termasuk pejalan yang suka bawa tunai namun sedikit dan tetap bawa ATM.

Transaksi cashless memang mudah dan lebih simpel namun tidak semua penjual bisa menerima metode cashless ini terutama kamu ingin beli sesuatu dari penjual di pasar atau sekedar mau beli cemilan di pinggir jalan.

Hat Yai itu banyak sekali street food yang menggoda untuk dibeli dan dimakan tentunya tetapi para penjual belum pakai mesin EDC untuk pembayaran. Atau ada QR Code untuk bayar segala sesuatu yang dibeli melalui smartphone saja.

Nah, meskipun kawan-kawan melalak cantik itu tidak suka bawa duit tunai ketika pergi ke Hat Yai. Pastinya perlu ambil duit di ATM disana saja maka perlu tahu pula cara pengambilan duit saat berada di Hat Yai.

Cara Mudah Ambil Duit di ATM Hat Yai

Kunjungan terakhir ke Hat Yai yaitu Maret 2023 lalu dan saat itu memang tidak ada bawa duit tunai mata uang baht sedikit pun. Awalnya ada niat tukar duit ringgit ke baht saat berada di Penang namun kemudian berubah pikiran.

Saya merasa bahwa bisa lebih mudah ambil duitnya di ATM saja ketika sudah sampai di Hat Yai atau bisa transaksi serba gesek kartu debit saja deh. Bahkan ada toko di dalam mall tidak menerima pakai kartu debit lho alias wajib cash. Padahal belanja saat itu sudah banyak,huhuhu. Ada pula yang memberikan minimum pembelian untuk pakai kartu debit. Tentu hal tersebut tidak masalah, paling penting bisa gunakan debit sehingga tetap cashless.



Coba Tarik Tunai di ATM Hat Yai

Ketika sudah sampai di hostel, saya langsung menanyakan apakah ada ATM di sekitar hostel tersebut dikarenakan pastinya harus ada bayar uang deposit nih. Saat itu, wanita yang berada di hostel langsung mengatakan bahwa ada ATM di seberang jalan. Wah, ternyata sangat dekat dan mudah dijangkau dari hostel tetapi niat dalam hati semoga tidak ada ambil duit tunai lagi setelah ini.

Ternyata saya ambil duit tunai sampai dua kali karena ada tergoda belanja beberapa baju yang lucu dan tas di Central Festival Hat Yai tetapi sangat disayangkan tidak bisa gunakan kartu debit alias wajib uang tunai.

Saya pun langsung menelusuri jalan menuju ATM di seberang hostel sesuai petunjuk wanita yang berada di hostel. Ada beberapa bank besar berada di sekitar ATM dan saya memiilih ambil di ATM Bank yang pertama dilihat.

Saat itu, saya berada di ATM SCB Thailand, SCB itu merupakan Siam Commercial Bank yang didirikan oleh piagam kerajaan pada 30 Januari 1907 sebagai bank Thailand pertama. Entah mengapa memang pada saat itu langsung lebih memilih untuk menuju ATM itu meskipun ada yang lain bersebelahan dan tidak jauh.



Berikut ini langkah-langkah, tips dan cara ambil duit cash di ATM Hat Yai:

1. Pastikan Punya kartu ATM Berlogo Sesuai yang Tertera di Mesin 

Ngapain pergi ke ATM jika tidak punya kartu ATM donk,sister. Pasti awalnya kawan-kawan berfikir kenapa harus memasukkan tips ini sih. Nah, ada lho salah seorang teman yang bawa kartu debit pergi ke luar negeri tetapi tidak ada logo MasterCard, VISA dan lain sebagainya untuk kemudahan transaksi selama tidak berada di Indonesia.

Oleh karena itu, tips pertama memang pastikan punya kartu debit berlogo sesuai yang tertera di mesin ATM. Jika sudah sesuai maka bisa ambil duit disitu dan tentunya sudah dikonversi menjadi mata uang lokal donk, bukan rupiah yang keluar dari mesin.

2. Masukkan kartu ATM ke Mesin

Setelah kalian sudah punya kartu debit, lanjut masukkan kartu tersebut ke dalam mesin dan harap sabar menunggu sampai muncul tulisan dalam Bahasa Thailand dan ada kalimat informasi Bahasa Inggris di bawahnya yang memerintahkan kita masukkan pin ATM.

3. Ketik Pin ATM dan Klik OK

Informasi yang tertera dalam Bahasa Thailand dan Bahasa Inggris ini merupakan tentang adanya potongan administrasi yang nominalnya tergantung bank yang dimiliki. Nah, jika sudah masuk proses maka masukkan pin dan klik OK sampai muncul instruksi berikutnya.



4. Pilih Bahasa

Jika kalian bisa berbahasa Thailand maka tidak ada salahnya klik pilihan bahasa tersebut. Namun jika bukan ahli bahasa, lebih baik pilihlah Bahasa Inggris yang sudah biasa kalimat-kalimat umum muncul tentang istilah dunia perbankan. Oh ya, bisa juga klik bahasa Mandarin apabila kamu paham bahasa tersebut.

5. Pilih Tujuan Transaksi

Selesai memilih bahasa maka selanjutnya instruksi dalam bahasa Inggris saja. Di layar bagian ini, kalian pilih tujuan transaksi, apakah mau transer, tarik tunai, cek saldo dan lain sebagainya. Nah, berhubung kali ini tujuannya adalah tarik tunai maka klik "Withdraw" atau bisa juga langsung klik saja angka-angka yang tertera di sisi kiri.

Saat itu, saya langsung klik angka 2000 karena hanya mau ambil nominal segitu. Dalam pikiran akan cukup 2000 baht saja untuk beli makanan dalam pembayaran tunai atau bayar transportasi lokal selama 3 hari ini. 

6. Sabar Menanti Transaksi Diproses

Ketika sudah mengetikkan nominal uang yang mau diambil, selanjutnya harap sabar menunggu prosesnya. Dan akan muncul kembali tulisan menyatakan bahwa transaksi ini dikenakan biaya tambahan 220 baht, apakah mau ambil atau tidak. Saya pun mengklik OK karena memang butuh duit tunai lho.

7. Pilih Conversion Rate

Saat itu muncul pernyataan tentang conversion rate yang mana apakah kita mau mengkonversi ke mata uang lokal negara asal kita atau lakukan transaksi tanpa konversi saja. Saya pun ikut konversi versi Thailand saja maka saya klik No, Continue Without Conversion.

8. Transaksi Diproses

Kita diminta untuk sabar menunggu karena transaksi sedang diproses. Jangan pula meninggalkan mesin ATM belum ada bawa duit ya. Tunggulah sampai duit keluar dari mesin terlebih dahulu.



9. Duit Keluar dan Ambil

Duit yang dipilih saat transaksi pun akan keluar dan langsung ambil donk, jangan sampai berjatuhan di lantai. Kemudian muncul layar yang berisi mengenai transaksi sudah berhasil dilakukan maka kita bisa lanjutkan atau mau akhiri aktifitas di ATM

10. Selesaikan Transaksi

Jika memang sudah tidak ada lagi yang mau dilakukan maka lebih baik segera selesaikan transaksi. Klik No dan akan keluar kertas bukti transaksi. Selanjutnya kartu debit pun akan keluar dari mesin. Selesai deh urusan mengambil duit ini.

Nah, begitu mudah bukan? Saya pun lebih suka ambil duit saja di negara yang dituju karena sekarang semakin mudah urusan perbankan. Tetapi ingat untuk selalu waspada dan harus jaga dengan baik aneka kartu sakti keuangan yang kita miliki.








You May Also Like

0 Comments

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.