Cara Mudah Buat dan Daftar QRIS Bagi Pelaku Usaha Masa Kini

by - Mei 23, 2023

Seiring perkembangan teknologi dan digital memudahkan eragam aktifitas yang dilakukan menjadi lebih simpel. Mulai dari kemudahan akses informasi, belanja secara daring, ikut kelas online sampai tentunya melakukan pembayaran digital yang cukup dari genggaman smartphone saja.

Pelaku usaha baik yang menjalankan usaha secara online maupun offline tentu perlu berikan kemudahan ke customer terutama dalam hal pembayaran. Masa kini, pelanggan pun ingin bisa menggunakan dana yang dimiliki lebih mudah untuk bayar beragam kebutuhan yang ingin dimiliki.

Sekarang ini, tentunya masyarakat sudah tidak asing lagi mendengar kata QRIS. Hampir di berbagai merchant menerima pembayaran menggunakan QRIS. Biasanya akan mudah ditemukan pada bagian kasir, terdapat kode yang bisa dipindai menggunakan telepon pintar. Lalu apa sih sebenarnya QRIS itu? Bagaimana kira-kira caranya mudah buat QRIS agar pelaku usaha masa kini makin mudah menjalankan usahanya? Yuk simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!

Cara buat dan daftar QRIS



Mengenal QRIS, Apa Itu QRIS?


Banyak kawan-kawan yang masih bertanya-tanya mengenai kepanajangan QRIS atau cara pengucapannya yang tepat. Saya pun menerima beberapa pertanyaan dari teman-teman tentang QRIS ini sehingga akhirnya berinisiatif untuk membuat tulisan yang berisi penjelasan dari QRIS tersebut.

Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS ini diluncurkan pertama kali pada tanggal 17 Agustus 2019 oleh Bank Indonesia (BI) dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjag​a keamanannya. Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS.

Siapa Saja yang Harus Gunakan QRIS?


Sebenarnya siapapun kini sudah bisa menggunakan QRIS terutama untuk melakukan beragam transaksi menggunakan alat pembayaran apapun baik e-wallet maupun Mobile Banking. Pebisnis yang menjalankan usaha di era digital ini tentu sangat perlu menggunakan QRIS.

Saat ini, ketika kita menggunakan QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari Penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat.

Kenapa Harus Gunakan QRIS?


Beberapa di antara kawan-kawan masih banyak yang bertanya-tanya mengenai alasan gunakan QRIS terutama ketika lakukan transaksi. Bahkan ada pelaku UMKM pun masih bingung fungsi dan manfaat dari QRIS ini sendiri. Perlukah kita ketahui alasan kenapa harus gunakan QRIS? Tentunya donk terutama bagi pelaku usaha masa kini. Mari kita telah bersama di bawah ini!

Alasan Menggunakan QRIS:


Ada beberapa alasan kita harus menggunakan QRIS baik sebagai customer maupun para pelaku usaha di antaranya sebagai berikut:

Cara mudah buat dan daftar QRIS



1. Bantu Jalankan dan Support Program dari Bank Indonesia


Seperti diketahui bahwa Bank Indonesia sudah memberikan amanat yang mana mewajibkan seluruh penyedia layanan pembayaran non tunai untuk menggunakan sistem QRIS pada 1 Januari 2020.

QRIS ini merupakan program dari Bank Indonesia yang mempermudah program pembayaran digital dan bisa diawasi dari satu pintu saja. Jika sebelumnya para pelaku usaha mengandalkan pembayaran digital dengan menggunakan beragam QR Code dari e-wallet. Kini semakin mudah hanya perlu 1 QR Code saja mampu menerima pembayaran digital dari berbagai e-wallet.

2. Memudahkan Proses Transaksi


Siapa sih yang mau transaksi yang lama? Pasti ingin cepat dan mudah donk. Nah, dengan kehadiran QRIS ini sebagai salah satu alat transaksi pembayaran akan membuat proses transaksi menjadi lebih mudah.

Sekarang tidak perlu menyediakan beragam aplikasi untuk melakukan transaksi pembayaran. Cukup 1 QR Code dari QRIS saja bisa menerima berbagai jenis pembayaran. Transaksi pada toko online pun makin mudah dan cepat sehingga customer makin suka berbelanja di toko kawan-kawan.

3. Bantu Mencegah Peredaran Uang Palsu


Sebelum aktif dalam transaksi cashless, sering terjadi kasus penyebaran uang palsu. Kini, lebih mudah untuk bantu cegah peredaran uang palsu lho. Pengaplikasian gunakan QRIS ini oleh masyarakat tentu mendorong untuk semakin banyak customer yang utamakan pembayaran secara digital.

Keuntungan Menggunakan QRIS


Ketika menggunakan sesuatu pasti kita mengharapkan ada keuntungan yang diperoleh, begitu pula saat kamu mulai transaksi menggunakan QRIS ini. Beberapa keuntungannya sebagai berikut:

1. Bagi pengguna aplikasi pembayaran: just scan and pay!


a. Cepat dan kekinian

b. Tidak perlu repot lagi membawa uang tunai

c. Tidak perlu pusing memikirkan QR siapa yang terpasang

d. Terlindungi karena semua PJSP penyelenggara QRIS sudah pasti memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia (BI)

2. Bagi Merchant


a. Penjualan berpotensi meningkat karena dapat menerima p​embayaran berbasis QR apapun

b. Meningkatkan branding

c. Kekinian

d. Lebih praktis karena cukup menggunakan satu QRIS

e. Mengurangi biaya pengelolaan kas

f. Terhindar dari uang palsu

g. Tidak perlu menyediakan uang kembalian

h. Transaksi tercatat otomatis dan bisa dilihat setiap saat

i. Terpisahnya uang untuk usaha dan personal

j. Memudahkan rekonsiliasi dan berpotensi mencegah tindak kecurangan dari pembukuan transaksi tunai

k. Membangun informasi credit profile untuk memudahkan memperoleh kredit kedepan

Cara Membuat QRIS di sooltanPay


Sudah mulai penasaran dengan cara mudah buat dan daftar QRIS? Yuk bisa ikut cara membuat QRIS di sooltaPay, langkah-langkahnya akan dijelaskan di bawah ini. Namun,sebelumnya berkenalan terlebih dahulu yuk dengan sooltanPay.

Apa sih sooltanPay? Well, sooltanPay merupakan aplikasi usaha yang memiliki berbagai fitur yang membantu pengelolaan bisnis jadi lebih mudah. Ada berbagai fitur di sooltanPay seperti pembayaran QRIS gratis yang sudah terintegrasi dengan Bank Indonesia, Top Up & Tagihan untuk tambahan penghasilan dan Produk Toko Aplikasi Kasir untuk pencatatan transaksi penjualan toko.

Keuntungan Menggunakan QRIS sooltanPay


1. Pembayaran Lebih Cepat


Dengan menyediakan metode Pembayaran QRIS menggunakan QR Code akan mempermudah pelanggan dalam melakukan pembayaran menggunakan semua jenis digital payment.

2. QRIS Gratis Untuk Usaha


Terima Pembayaran jadi mudah dan hemat tanpa biaya per transaksi untuk usahamu, pencairan saldo realtime H+1 di Hari Kerja (Senin - Jum'at) ke rekening bank yang kamu daftarkan.

3. Mendapatkan QRIS Fisik


Apabila QRIS sooltanPay kamu sudah aktif, maka selanjutnya kamu bisa mengajukan request pengiriman QRIS fisik melalui aplikasi.

Langkah Buat QRIS di sooltanPay Lebih Mudah Hanya 1 Hari dan GRATIS Biaya MDR 0%:

1. Buka https://app.sooltanumkm.id/register

2. Lengkapi data informasi dan klik Daftar serta Masukkan kode Referral MELATIK dapat saldo Rp. 15.000

3. Jika sudah klik selanjutnya akan mendapatkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone yang didaftarkan saat mengisi form registrasi. Kemudian silahkan masukkan kode OTP tersebut di aplikasi sooltanPay

4. Untuk melanjutkan, klik selanjutnya dan buat password yang ingin kamu pasang untuk masuk ke aplikasi sooltanPay

5. Selanjutnya buatlah pin 6 digit untuk lebih menjaga keamanan dalam melakukan transaksi

6. Silahkan baca syarat dan ketentuan setelah selesai memasukkan pin 6 digit. Jika sudah setuju maka klik setuju

7. Masukkan nomor handphone yang didaftarkan tadi dan juga passwordnya. Jika sudah, klik konfirmasi.

8 Selesai,selamat sudah terdaftar di sooltanPay

Cara Upgrade Akun sooltanPay

Tentunya kamu pun ingin terus melakukan pembaharuan termasuk dengan cara mengupgrade akun sooltanPay kamu donk. Nah bisa ikut langkah-langkah berikut ini yuk!

1. Pada halaman pertama sooltanPay, kamu harus klik “upgrade akun”

2. Kemudian isi nama lengkap kamu sesuai KTP, nomor identitas sesuai KTP, upload foto KTP, dan juga foto diri dengan memegang KTP

3. Berikutnya klik “Simpan”

4. Selanjutnya kamu perlu mengisi alamat rumah yang meliputi: Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan, hingga detail alamat (Pastikan sudah sesuai KTP) kemudian klik “Simpan”

5. Setelah itu pada tahap rekening, silakan pilih bank penarikan sesuai daftar yang tersedia dan isi juga nomor rekening yang ingin digunakan sebagai penarikan saldo pendapatan atas transaksi digital di aplikasi sooltanPay (catatan: Nomor rekening ini tidak bisa diubah sehingga perlu memastikan kebenarannya)

6. Kemudian silakan lakukan pengecekan ulang sebelum menyimpannya. Jika ingin diubah, silakan lakukan pengubahan pada masing-masing bagian. Apabila sudah, silahkan klik “Simpan”

7. Berikutnya pada tahap Usaha atau Bisnis, silahkan isi kelengkapan usaha atau bisnis serta foto diri dengan latar belakang usaha atau bisnis milik kamu

8. Kemudian pada tahap alamat usaha, silakan isi detail alamatnya. Setelah sesuai cukup klik opsi “Gunakan Alamat Rumah” pada halaman ini. Lalu klik “Simpan”

9. Upgrade akun akan diproses dalam waktu satu hari kerja dan kamu bisa menunggu hingga upgrade selesai. Pastikan kamu pun menyalakan notifikasi sehingga akan mengetahui saat upgrade akun selesai.

Mudah sekali bukan untuk buat dan daftar QRIS untuk pelaku usaha masa kini. Yuk mulai dicoba cara buat QRIS agar transaksi kamu semakin mudah dan usaha berjalan semakin lancar.

You May Also Like

0 Comments

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.