Kenapa Jemaah Umroh Suka Beli Makanan Al Baik di Arab Saudi? Penasaran Cari Tahu Di Artikel Ini Yuk !

by - Mei 07, 2023

Makanan restoran Al Baik di Arab Saudi sering menjadi incaran para jamaah umroh terutama masyarakat Indonesia sering sekali membagikan postingan beli Al Baik saat umroh. Kenapa sih? Pastinya penasaran juga donk dengan rasanya dan apa yang membedakan dengan cepat saji lainnya.

Menu Al Baik Arab Saudi


Kenapa Jemaah Suka Al Baik?

Sebelum berangkat umroh, saya sering sekali melihat beragam postingan baik melalui media sosial instagram atau kanal youtube tentang Al Baik ini. Awalnya berfikir bahwa ini sama saja seperti ayam goreng pada umumnya atau kentang iris-iris yang juga ada di Indonesia.

Ketika sudah tiba di Madinah, saya pun membicarakan tentang Al Baik ini dengan rekan sesama jemaah umroh yang gunakan JTravel. Berhubung kakak ini sudah ke sekian kali umroh maka pastinya pernah beli Al Baik sebelumnya. Kami pun merencanakan untuk beli dan mengajak kawan-kawan lainnya. Ternyata Pak Ustadz pun mendengar dan ia pun mau menemani kami membeli Al Baik.

Apa Sih Al Baik Itu?

Menurut Wikipedia, Al Baik adalah sebuah restoran siap saji di Arab Saudi. Pertama kali diluncurkan pada tahun 1974. Saat ini sudah memiliki lebih 50 cabang. Al Baik adalah salah satu restoran yang paling dikenal masyarakat Arab.  Pendirinya, Shakour Abu Ghazalah, melihat potensi cerah bisnis makanan cepat saji di Saudi sehingga akhirnya ia memiliki bisnis tersebut.

Mencari Al Baik


Pada saat di Madinah, kami sudah membicarakan ingin membeli Al Baik tetapi sampai Mekkah baru kesampaian mampir ke outlet Al Baik yang tidak jauh dari Masjidil Haram. Sebenarnya sudah dibilang oleh Pak Ustadz bahwa tidak ada ayam goreng di outlet tersebut. Nah, untuk menemukannya ada yang berlokasi cukup jauh dan harus naik kendaraan.

Berhubung hanya saya dan seorang teman yang berminat maka kami putuskan untuk beli yang dekat saja dan bisa diakses dengan jalan kaki. Perjuangan sekali untuk menemukan outletnya ini karena saya baru pertama kali umroh dan kawan pun sudah lupa posisi pastinya.

Pencarian Al Baik diawali dengan memasuki Zam Zam Tower. Menelusuri setiap lorong dan melewati beragam toko disana pada malam hari selepas maghrib. Kami pun bertanya-tanya pula dengan petugas keamanan di sekitar tetapi belum mendapatkan petunjuk yang tepat.

Akhirnya kami pun keluar dari Zam Zam Tower dan melihat ke kawasan yang ramai dipenuhi beragam masyarakat yang tentunya bukan saja jemaah umroh. Sambil melihat informasi di Google akhirnya melihat lambang Al Baik dari kejauhan. Kami pun segera berlari memasuki outlet tersebut dan melihat antrian yang sudah panjang.




Setidaknya kami merasa bahagia bahwa usaha tidak sia-sia karena akhirnya menemukan outlet Al Baik meskipun tidak akan menemukan ayam goreng di tempat tersebut. Si kakak yang menjadi partner malam itu pun langsung mengantri dan saya menunggu saja di sisi lain sambil seperti biasa memvideokan suasana.

Makan Al Baik di Pinggir Jalan 


Akhirnya giliran pesanan kami pun tiba dan segera beranjak dari outlet tersebut dikarenakan memang tidak ada disediakan bangku untuk duduk. Semua pekerjanya bekerja begitu cepat karena memang antrian pun sangat banyak meskipun sudah malam lho.

Kami pun melihat sekeliling untuk mencari tempat duduk yang nyaman hingga memungkinkan bisa duduk disitu. Meskipun menu yang didapatkan tidak sesuai keinginan awal tetapi setidaknya sudah coba Al Baik di Arab Saudi.



Menu Al Baik Arab Saudi



Pertama kali menggigit menu yang dipesan yaitu Al Baik Fried Chicken and Nugget terdiri dari nugget ayam dan ada potongan beberapa kentang. Oh ya, tentunya juga mendapatkan minuman dalam kemasan sehingga sudah satu paket semuanya tuh.

Menu Al Baik


Nah, saya sudah tuliskan sebelumnya bahwa incaran sebenarnya adalah ayam goreng yang biasa ditemukan pada restoran cepat saji lainnya karena sudah pasti itu yang menjadi khas. Tentunya menu itu ada di Al Baik hanya saja tidak semua outlet menyediakannya. Hingga saya pun menemukannya di Jeddah Airport, itu pun karena melihat jemaah lain menenteng satu plastik bergambarkan logo Al Baik.




Menu Al Baik pun bervariasi seperti Al Baik Chicken Meal, Chicken Fillet Nugget Meal, Burger, Dessert dan sebagainya. Tetapi incaran tetap yang ayam goreng dengan kentang donk. Oh ya, rasa sausnya sih masih kategori sama ya tetapi menurut saya ayam gorengnya sih memang terasa lebih kriuk dan nikmat apalagi dicocol pake garlic sauce dan saus sambal, ulala enaknya sih.

Harga Al Baik


Harga menu Al Baik tentunya bervariasi sesuai dengan pilihan yang kamu beli sih. Porsi ayam 4 potong harganya sekitar 70 ribu sedangkan isi 8 potong sekitar 130 ribuan. Kalian bisa langsung lihat di papan yang ada di restoran sih atau tanya juga ke petugasnya. Pastinya mereka akan melayani dengan baik meskipun pelanggan sedang banyak. Setidaknya pertanyaan akan dijawab sesuai yang ditanyakan sih.

Lokasi Al Baik


Berhubung ada banyak cabang di Arab Saudi maka lokasinya pun bervariasi pula.  Bisa ditemukan di Jeddah, Riyadh, Madinah maupun Mekkah. Jika cuma mau rasa bisa yang dekat Masjidil Haram atau jika mau jauh dikit ada di lokasi yang berbeda. Saya kurang tahu lokasinya pasti karena kami tidak jadi pergi beli kesana. Atau biar lebih fresh beli saja di bandara ketika mau pulang, jika melalui Jeddah Airport akan mudah menemukannya.

Lalu, kenapa jemaah umroh suka beli makanan Al Baik di Arab Saudi bahkan sampai banyak pula buka jasa titip? Karena tentunya biar hits donk,hahhaha (just kidding). Pastinya ingin mencoba sesuatu yang baru dan memang bumbunya itu buat berbeda terutama khas rempah-rempahnya yaitu saus bawang putihnya.






































You May Also Like

0 Comments

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.