6 Tips Liburan Pertama Kali ke Hat Yai, Thailand Bagi Pemula

by - Mei 28, 2023

 Ada banyak pesan masuk melalui DM (Direct Message) Instagram, E-Mail maupun kawan-kawan yang sudah kenal via chat WhatsApp (WA). Hampir kebanyakan sedang tertarik mau melintasi dua negara dalam waktu liburan yang bersamaan yaitu kunjungan ke Malaysia dan Thailand.

Siapa sih yang tidak mau menghemat budget saat jalan-jalan? Pasti semua mau bisa mengeluarkan duit lebih sedikit tapi puas berliburnya. Nah, pastikan kamu punya caranya dan tahu tips untuk bisa hemat dan tetap asik liburan ke luar negeri.

Banyak warga Indonesia yang bepergian ke Malaysia tidak ingin melewatkan kunjungan ke Singapura atau Thailand. Berhubung memang berbatasan lebih dekat dan bisa dilalui dengan transportasi darat saja lho.

Kali ini, melalak cantik ingin membagikan tips liburan pertama kali ke Hat Yai Thailand bagi pemula yang memang belum pernah sama sekali melintas antar negara via jalur darat. Pertanyaan yang paling sering dipertanyakan karena bisa sampai ke Thailand itu ada kesenangan tersendiri. Kalian tahu sendiri deh banyak banget kuliner enak dan terkenal serba murah tuh di Thailand.

Tips liburan ke Hat Yai


Mengenal Hat Yai

Sebelum saya bisa menginjakkan kaki ke Hat Yai, nama kota ini pun cukup asing di telinga ini. Tetapi, begitu ada rencana trip bareng teman, ia menyebutkan untuk pergi naik kereta api saja ke Hat Yai dari Penang. Saya pun mulai cari tahu tentang kota tersebut sehingga makin tertantang untuk coba keliling ASEAN via jalur darat.

Hat Yai merupakan nama kota yang berada di Thailand Bagian Selatan terletak di dekat perbatasan Malaysia. Sebagai kota terbesar di Provinsi Songkhla, Hat Yai sering disalahpahami sebagai ibu kota provinsi padahal ibu kotanya adalah kota Songkhla.

Begitu banyak sekarang warga Indonesia maupun turis negara lain mulai datang ke Hat Yai karena ada hal menarik pula yang memancing wisatawan untuk main sekedar sehari atau dua hari. Hat Yai merupakan salah satu kota terbesar ketiga setelah Bangkok dan Chiang Mai.

Tips Liburan ke Hat Yai

Baru pertama kali pasti ada banyak kebingungan yang membuat kawan-kawan bingung apa saja yang perlu dilakukan terutama untuk bisa lintas border. Jalur darat memang tidak sesulit jalur udara namun bukan berarti bisa masuk lebih mudah lho.

Nah, kamu perlu ketahui terlebih dahulu tips liburan pertama kali ke Hat Yai, Thailand bagi pemula versi Melalak Cantik. Tentu beragam informasi yang dibagikan ini berdasarkan pengalaman langsung setelah lebih dari 3 kali menginjakkan kaki kesana dari Penang, Malaysia.

Berikut ini 5 tips liburan pertama kali ke Hat Yai, Thailand bagi pemula:

1. Siapkan Rencana Perjalanan

Meskipun saya seorang solo traveler yang sering pergi sendirian dan bisa lakukan apapun sesuka hati tetapi tentu harus tetap ada rencana perjalanan. Begitu pula dengan kalian terutama bepergian bersama keluarga yang pastinya butuh banyak persiapan.

Ada banyak orang yang suka pergi begitu saja tanpa perencanaan tetapi saya bukan termasuk tipe pelancong seperti itu. Meskipun tidak membuat itinerary secara detail tapi rencana tetap harus ada. Mungkin beberapa orang menganggap bahwa ini cuma sekedar ke negara ASEAN yang tidak butuh visa saja kok. Padahal persiapan itu tidak bisa dianggap sepele lho.

Lalu apa saja sih yang perlu disiapkan dalam perjalanan ke Hat Yai?

Well, kalian perlu buat rencana mau berapa lama di Hat Yai karena itu berhubungan dengan pemesanan transportasi dan akomodasi. Selain itu, tentu uang yang akan dikeluarkan untuk makan harian atau coba kuliner unik disana.

Ada baiknya book tiket transportasi terlebih dahulu untuk pulang dan pergi. Sudah menjadi kebiasaan saya beli tiket pulang dan pergi kemana pun kota atau negaranya. Jika kalian memilih naik van maka bisa pesan online terlebih dahulu dan pastikan beli tiket pulang dan pergi.

Apabila tertarik naik kereta api tentu harus tahu pula jadwalnya sehingga jangan sampai ketinggalan dan justru malah harus menginap lagi deh di kota asal atau tujuan. Biasanya jadwalnya hanya ada dua kali sehari atau kalian bisa cek kembali via online untuk memastikan agar tidak merasa rugi waktu.

Selaini itu, pastikan pula sudah siapkan tempat menginap jika nantinya ditanyakan oleh petugas. Tidak ada salahnya disiapkan karena random check itu tidak bisa ditebak lho. Ketika sedang menjadi target petugas imigrasi maka mau tidak mau harus bisa jawab donk.

Kemudian, pastikan sudah bawa duit receh mata uang Thailand karena nanti ada bayaran yang diselipkan di passport dimana itu diminta oleh supir van. Saya pernah tidak punya duit baht sehingga harus bayar gunakan duit ringgit yang tentu lebih besar nominalnya. Hmm pernah juga dibantu oleh warga lokal yang membayarkannya berhubung saat itu duit ringgit pun tidak ada nominal kecil. 

Saya bukan termasuk traveler yang suka bawa banyak duit cash makanya kartu debit selalu harus disiapkan pula terutama harus bisa digunakan untuk transaksi selama di luar negeri. Uang tunai perlu untuk situasi tertentu maka jangan sampai tidak dibawa juga ya,gaes.

Tips liburan ke Hat Yai


2. Boleh Menawar, Jangan Keterlaluan

Kenapa bisa saya masukkan tips tentang tawar menawar? Meskipun saya belum pernah punya pengalaman buruk dimarahi penjual atau pelaku usaha lainnya di bidang pariwisata disana namun ini perlu sekali diingatka ke kawan-kawan.

Saya pun tentu tidak mau sampai adu mulut dengan warga lokal Thailand karena menjaga lebih baik terutama ketika jalan-jalan sendirian. Sering sekali mendengar penjual di pasar Thailand itu marah-marah dan ternyata warga Indonesia juga beli sesuatu namun ditawar tapi kemungkinan tidak jadi beli.

Menurut saya, meskipun kita mau menghemat saat liburan pastikan pula tawaran yang diberikan masuk akal dan tentunya jika sudah menawar harus jadi donk. Baik membeli sesuatu, mau sewa van atau songthaew atau apapun itu yang ada transaksi uang maka haraplah konsisten setelah menawar. Jangan biasakan batalkan sesuatu begitu saja sehingga orang akan marah.

3. Bawa dan Pakailah Pakaian Yang Nyaman

Hat Yai ini cukup panas dan kita akan sering berkeringat dalam melakukan aktifitas di luar ruangan. Oleh karena itu, perlu siapkan dan pakailah pakaian yang nyaman. Harus bisa menyerap keringat penting sekali donk agar baunya tidak menempel di baju atau celana yang dipakai.

Tips liburan ke Hat Yai


Oh ya, tentu pastikan pula pakaian nyaman itu harus yang sopan. Jika kalian mau masuk ke temple yang ada disana tentu tidak repot lagi cari kain penutup karena sudah siap sedia dengan pakaian yang sopan gitu. 

Selain pakaian, pasti kalian tahu untuk bawa sunscreen kemana pun donk terutama cewek-cewek tuh pasti tidak mau kulitnya terbakar panasrnya sinar matahari.

4. Tetap Ramah Namun Waspada

Bisa dibilang liburan ke Hat Yai itu selalu asik meskipun saya sering bepergian sendirian. Selalu merasa aman saja bahkan ketika menginap di hostel, Review tempat nginap di Hat Yai ada di artikel WE Hostel ini ya.

Memang saya sering terlihat jutek tetapi bukan berarti seperti itu saat jalan-jalan. Biasanya masih mau tersenyum atau berinteraksi dengan warga lokal. Hanya saja tetap harus waspada dan tidak sembarangan tersentuh atau pamer barang bawaan terutama yang berharga.

5. Cobalah Semua Kuliner Lokal 

Sebagai traveler yang suka mencoba hal baru dan suka tantangan maka mencoba kuliner lokal termasuk sesuatu perlu dicoba donk. Ssttt, tentu saya mencoba kuliner yang halal saja dan bersyukur Hat Yai ini banyak warga muslim lho. 

Thailand Selatan ini cukup terkenal dengan banyaknya warga yang beragama islam sehingga cari makanan halal tidak sesulit di Bangkok. Ketika kalian ingin ke Thailand maka coba semua kuliner lokal tidak boleh terlewatkan sih. Harga aneka makanan dan minuman pun serba murah maka tidak khawatir persediaan uang kalian akan habis.



6. Pergilah ke Bazaar dan Local Market

Kalian akan menemukan kepingan surga saat mengunjungi bazaar dan pasar lokal tradisional di Hat Yai. Saya selalu tergoda bisa menginjakkan kaki di beragam lokasi bazaar disana. Pastikan cek pula jadwal buka dan tutup dari pasar tersebut karena ada hari tertentu dalam satu minggu bazaar atau pasar itu tutup.



Aneka kuliner atau pakaian unik murah meriah bisa ditemukan di bazaar atau local market makanya jangan sampai lewatkan untuk bisa kunjungi tempat tersebut donk.

Gimana, gaes? Apakah cukup membantu tips liburan pertama kali ke Hat Yai versi Melalak Cantik ini? Nah, bagi pembaca yang punya tips lainnya boleh lho berbagi di kolom komentar bawah ya!





You May Also Like

1 Comments

  1. kalau soal kuliner, Thailand nggak perlu diragukan lagi ya
    Pengennn ntar kalau ke Thailand lagi, bisa mampir sana, icip icip kulineran di Hatyai dan belanja belanja :D

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.