Sosialiasi Makanan Halal dan Buka Bersama HokBen Ring Road Medan

by - Maret 31, 2023

Selama bulan ramadan ini tentunya selalu ingin menebar kebaikan demi menciptakan kedamaian dan bisa terus berbagi kasih dan kepedulian kepada orang banyak. Beragam aktifitas bermanfaat bisa dilakukan bersama-sama termasuk melaksanakan kegiatan buka bersama.

Saya baru saja mempelajari hal baru tentang makanan halal terutama mengenai label yang biasanya diletakkan pada makanan maupun minuman yang dijual di pasaran. Biasanya brand food and beverage ternama akan memajang logo halal agar masyarakat semakin percaya untuk beli dan konsumsi produk olahan yang dijual dari sebuah merk makanan dan minuman tertentu.


Sosialisasi Makanan Halal dan Buka Bersama HokBen


Semakin kesini memang ilmu pengetahuan dasar tentang makanan halal ini perlu sekali diketahui oleh kita sebagai konsumen. Mungkin kita akan berfikir bahwa semua makanan yang sudah go public itu wajib punya logo halal atau sudah bersertifikat.

Padahal sebenarnya tidak masalah jika sebuah usaha makanan tidak memiliki logo halal namun wajib memberitahukan kepada masyarakat luas apakah makanan atau minuman tersebut halal atau tidak. Pemberian informasi yang tepat kepada masyarakat itu yang paling penting agar keterbukaan dalam informasi.

Mengenal HokBen

HokBen hadir di Jakarta pada 18 April 1985, dibawah manajemen PT. Eka Bogainti, sebagai restoran siap saji bergaya Jepang di Indonesia. Sebagai merek asli Indonesia, HokBen memulai perjalanannya dari satu store di Kebon Kacang, Jakarta, kemudian tumbuh dan berkembang hingga memiliki lebih dari 353 gerai (data per 30 Maret 2023) di Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan. Restoran HokBen memiliki Sertifikat Halal no. 00160048830908 dari MUI dan Sertifikat Sistem Jaminan Halal
No. HC182/LPPOMMUI-CVR/X/2021.

Restoran HokBen tersebar di Jabodetabek, Serang, Cilegon, Karawang, Bandung, Cimahi, Tasikmalaya,
Cianjur, Sukabumi, Purwakarta, Cirebon, Tegal, Semarang, Klaten, Purwokerto, Pekalongan, Salatiga, Cilacap, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Gresik, Jember, Malang, Denpasar, Lombok, Bandar Lampung,
Palembang, Prabumulih, Medan, Binjai, Dumai, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Padang, Bukittinggi,
Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Balikpapan.

Layanan HokBen terdiri dari makan di tempat (Dine-in), pesanan dibawa pulang (Take Away), HokBen Delivery melalui 1 500 505 atau melalui pesan online di www.hokben.co.id, dan HokBenApps yang tersedia di Google Playstore & Apple Store, pesanan melalui kendaraan lewat (Drive Thru), acara ulang tahun (Birthday Party), serta pesanan dalam jumlah besar (Large Order). Tahun 2020, HokBen memperkenalkan konsep HokBen Kitchen, yakni oulet yang hanya melayani pesanan dibawa pulang (take away) dan delivery.

Diskusi Makanan Halal


Setelah berdiskusi mendapatkan banyak insight baru mengenai lembaga apa saja yang melaksanakan pengecekan kehalalan sebuah produk yang akan mendapatkan sertifikasi halal di antaranya yaitu:




1. Kementerian Agama (Kemenag)

Kemenag sebagai lembaga yang menerima pendafaran di awal dan akhir mengenai sertifikat karena atas nama negera makanya langsung  bersama Kemenag.

2. Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang turun langsung adalah auditor halal yang profesional untuk mengaudit tentang komposisi yang ada pada makanan. Biasanya setiap produk akan diperiksa satu persatu sesuai variannya.

Auditor itu cukup terbatas jumlahnya karena memang tidak mudah menjalani pekerjaan auditor yang harus benar-benar dalam memeriksa kehalalan sebuah produk. Di Sumut sendiri terdapat tidak lebih 50 orang auditor. Oleh karena itu, cukup lama prosesnya karena keterbatasan tenaga.

3. Komisi Fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia)

Apakah makanan itu halal atau tidak? Apakah fatwa itu benar atau tidak? Nah, itulah tugas MUI yang memeriksa dokumen dan tidak turun ke lapangan langsung dalam pengecekan karena sudah melalui tim auditor.



Buka Bersama di Hokben


Ini adalah pertama kalinya mampir ke HokBen Ring Road yang memang instagrammable banget lho. Sentuhan desain interior pun berbeda dengan cabang lainnya. Itulah mengapa HokBen ini masing-masing cabang ada khas berbeda. Menurut saya, HokBen Ring Road ini memang keren sih dan cocok untuk berfoto-foto juga.


Bisa dilihat dari berbagai furnitur yang digunakan pun disesuaikan dengan desain interior sehingga menambah kenyamanan para customer yang sedang makan dan minum di resto tersebut. Jika kalian mencari mushola tentu HokBen Ring Road ini juga menyediakannya sehingga setelah berbuka tidak perlu khawatir ketika mencari tempat untuk shalat.






Serunya kegiatan berbuka puasa kali ini karena selain bersama kawan-kawan blogger, juga ada rekan media. Sebelum adzan maghrib berkumandang, kami pun mendengarkan ceramah ustadz terlebih dahulu sambil mengingat kembali kajian pengetahuan agama yang dahulu pernah dipelajari di sekolah.

Oh ya, selain kegiatan ini, HokBen juga punya banyak kegiatan berbagi ramadan menarik lainnya. Dalam rangka menyambut hari jadi yang sudah berumur 38 tahun. HokBen menyambutnya dengan kegiatan share to love, love to share dimana berbagi keceriaan dengan 38 panti asuhan.

Kegiatan buka puasa bersama ini dengan lebih dari 1.900 anak-anak yatim dan kaum dhuafa. Kegiatan berbuka puasa bersama melibatkan 38 Panti Asuhan yang tersebar di 35 kota di wilayah Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Irma Wulansari selaku Marketing Public Relation HokBen menjelaskan, “Pada tahun ini, HokBen berusia 38 tahun, keberadaan HokBen di industri ini, tentunya tidak lepas dari peran serta para pelanggan setia dan masyarakat sekitar, yang senantiasa mendukung setiap kegiatan dan program yang kami lakukan. Sebagai bentuk rasa syukur, kami pun ingin dapat berbagi kebaikan bersama sekitar 1.900 saudara-saudara kita dari beberapa panti.

Paket HokBen Ramadan 

Saat kawan melalak cantik sedang main ke HokBen bisa banget memilih beragam paket HokBen yang tentunya bisa dipilih sesuai selera. Pilihan juga beragam lho apalagi jika membawa anak-anak juga pastinya akan menyenangkan buka puasa di HokBen. Berikut ini beberapa paket HokBen Ramadan yang bisa dipilih:

1. BENTO RAMADAN 1 (Chicken Teriyaki, Ebi Furai, Shrimp Roll, Chicken Karaage, Nasi, Salad, Teh Botol Sosro Harga 58.000,- (sudah termasuk pajak)
 
2. BENTO RAMADAN 2 (Chicken Curry Yaki, Ebi Fried, Egg Chicken Roll, Fried Dumpling, Nasi, Salad, Teh Botol Sosro) Harga Rp. 58.000,- (sudah termasuk pajak)



 
3. BENTO RAMADAN 3 (Beef Sukiyaki + Tofu, Tori No Teba, Chicken Korokke, Nasi, Salad, Teh Botol Sosro) Harga Rp 68.000,- (sudah termasuk pajak) 

4. BENTO RAMADAN 4 (Beef Teriyaki, Ekkado, Fried Chicken Tofu, Nasi, Salad, Teh Botol Sosro)
Harga Rp. 68.000,- (sudah termasuk pajak).



Oh ya, untuk semua paket sudah termasuk mendapatkan takjil Es Merah Delima yang segar dan cocok dinikmati saat acara berbuka puasa.

Gimana? Apakah sudah tertarik untuk berbuka di HokBen? Yuk bisa barengan nih!

















You May Also Like

27 Comments

  1. Senangnya nambah lagi satu gerai halal di medan. Satu label anak bangsa yang udah lama terkenal

    BalasHapus
  2. Hokben emang paling enaak sih buat bukber, cuman aku terakhir ke sana sebelum pandemi huhu.. tahun ini dan tahun lalu beluuumm, jadi kangeeenn

    BalasHapus
  3. ya ampun lihat foto menu berbukanya hokben auto pengen pesen tapi ini udah mau sahur! hahaha. next buka puasa di hokben juga ah. btw itu desain interiornya compfy dan cozy banget ya. karena saya biasa pesan online jadi jarang ke gerainya ngerasa begitu takjub! hihihihi

    BalasHapus
  4. Bukber cantik di Hokben memang bikin semangat, selain hidangannya suasananya pun bikin betah ya kak. Yang penting jangan lupa solat hehe

    BalasHapus
  5. Seru banget ya kak acaranya. Alhamdulillah pandemi sudah berakhir, insyaAllah. Jadi kita bisa berkumpul lagi barengan temen se genks deh.

    BalasHapus
  6. Saatnya berburu makanan di bulan ramadhan eh meskipun Hokben bukan lah hal baru untuk masyarakat kita ya. Kalau kita umat muslim wajib banget yang ada sertifikat halalnya. Untung Hokben juga sadar akan hal itu dan kita jadi gk perlu was-was lagi

    BalasHapus
  7. Udah lama nggak makan HokBen. Kangen banget nasi sama chicken teriyakinya. Seneng pasti ya mbak bisa buka bersama di sana.

    BalasHapus
  8. Hokben!! Semua menu Hokben tuh aku suka banget. Di sini pertama kalinya aku suka sayuran bercuka. Enak bgt nggak keaseman dan tetep kerasa manis

    BalasHapus
  9. Saya pernah antar teman masukin lamaran di Hokben daerah pasar Rebu Jakarta Timur, Mbak. Perjalanan panjang Hokben sebagai merek asli Indonesia. Sayang nih, di Kebumen belum ada cabangnya, jadi kalau mudik, tidak bisa menyantap Hokben hehehe.

    BalasHapus
  10. Hokbeeeen kangen bangett sama makanannya, apa buka puasa nanti pesen hokben aja yah? hheeheh. asli pengen banget hihii

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah ya Kak kalau HokBen sudah halal MUI. Sejak dulu emang suka banget ke Hokben terutama makan ebi furainya.

    Menu ramadan juga menarik banget nih, apalagi dapat gratis es.

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah HokBen di Medan sana udah ada sertifikasi halal ya. Jadi ngga ragu lagi buat makan di situ

    BalasHapus
  13. Asiknya bisa berbuka di HokBen, selain produknya Halal, menu-menunya semua istimewa. kalau beli biasanya pilih menu 4, kesukaan anak-anak apalagi ada Beef teriyakinya.

    BalasHapus
  14. Salah satu makanan yang saya suka, suka banget dengan segarnya wortel irisnya entah kenapa khas banget apalagi dengan mayonaisenya khas banget rasanya, lama-lama jadi suka makanin yang lainnya juga

    BalasHapus
  15. Kayaknya seru juga nih ngadain acara bukber bareng di hokben. Btw saya baru ngeh nih kalo sekarang umur hokben udah 38 tahun. Sukses selalu buat Hokben!

    BalasHapus
  16. Senang ya kalau Hokben sudah bisa ditemui nyaris di semua kota besar Indonesia
    Enggak ragu mau makan apa kalau was was
    Ah jadi pengen order

    BalasHapus
  17. Paket bento Ramadan sudah ga sabar nih lengkap dipesan segera mencobanya. Sayang di tempat saya tinggal belum ada cabang HokBen. Semoga segera ada ... Jadi gak kejauhan juga

    BalasHapus
  18. Seneng banget ada acara offline setelah pandemi ya bun...Hokben salah satu fav anak-anak. Paling suka paket hemat 1, fav anak2 itu eggroll

    BalasHapus
  19. Paling favorit tuh kalau makan di Hokben adalah saladnya. Enak dan blm ada yang ngalahin saladnya Hokben. Andai aja bisa beli saladnya doang, mau banget beli saladnya Hokben.

    BalasHapus
  20. Di Sukabumi juga baru hadir Hokben, hwah senangnya,jadi punya referensi tambahan buat tempat buka bersama nanti

    BalasHapus
  21. Hokben selalu jadi pilihaannn..
    Apalagi Ramadan begini dan alhamdulillah, pandemi berakhir. Sehingga momen kumpul bersama bestie bisa dinikmati kembali di resto Hokben yang halal di Medan.

    BalasHapus
  22. Udah lama tahu kalau HokBen ini halal dan emang jadi favorit keluarga kami. Bahkan harga paketnya yang terjangkau jadi solusi praktis kalau mau bikin acara. Makanan untuk acara daripada bikin sendiri mending pesan di Hokben saja

    BalasHapus
  23. Duh Hokben... Dah lama gak makan HokBen jadi kangen, rasanya khas banget. Maklum aku tinggal di desa, kalau mau makan HokBen kudu ke kota dulu..

    BalasHapus
  24. Duh jadi ngiler liat HokBen ini, kayaknya enak banget ya. Pas banget didaerahku juga baru buka nih outlet HokBen. Cuss, nanti cobain deh.

    BalasHapus
  25. Wah, Hokben memang favorit banyak orang ya. Saya pun menyukai menu-menu di Hokben. Setiap ke luar kota, ketika mencari tempat makan cepat saji, biasanya langsung cari Hokben, karena sudah cocok dengan selera kami sekeluarga.

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah mengikuti sosialisasi sertifikasi produk halal jadi tambah ilmu.

    BalasHapus
  27. Paket BENTO Ramadan ini mmg menarik bgt dari sisi pilihan menunya dan harga juga sangat oke buat bukber bareng teman atau keluarga ya kak

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.