Akhirnya Ikut Antrian Ais Tingkap di Penang, Malaysia

by - Maret 29, 2023

Siapa yang pernah nyobain ais tingkap di Penang? Terlanjur lelah membayangkan antriannya yang selalu panjang? Btw, kenapa sih namanya ais tingkap atau apa yang membuat antrian begitu panjang? Yuk simak ulasan pengalaman saya saat melalak cantik ikut antrian beli ais tingkap di Penang!

Nikmati Kesegaran Ais Tingkap Penang


Ais tingkap ini begitu populer di Penang sehingga begitu ramai yang mengantri demi satu cup minuman menyegarkan dahaga. Terutama dinikmati pada siang hari dengan cuaca Penang yang super panas. Minum satu cup sudah membuat hati tenang selama melakukan perjalanan seharian di Penang.




Apa Sih Ais Tingkap?


Awalnya saya berfikir bahwa namanya ais tangkap sampai akhirnya minum langsung di tempat. Entah sudah berapa kali mampir ke Penang tapi baru kali ini coba langsung ais tingkap. Sebenarnya sudah lama ingin mencoba tetapi selalu tidak kuat membayangkan antrian yang cukup panjang. Syukurnya beberapa waktu lalu ketika melewati kedai tersebut, pembeli yang mengantri tidak terlalu banyak dan saya punya kekuatan untuk ikut berada di jalur antrian.

Nah, nama sebenarnya adalah ais tingkap yang mana isinya itu merupakan air sirup yang dicampurkan dengan beragam bahan-bahan seperti selasih, kembang semangkuk, getah anggur, air kelapa dan beragam lainnya dimana tentunya disesuaikan dengan menu minuman yang kita pilih.

Sejarah Ais Tingkap


Tingkap itu adalah jendela jika dimaknai satu kata. Nah, jika melihat sejarahnya bahwa ais tingkap sudah ada selama 100 tahun lho! Sang pengusaha kedai ais tingkap ini yaitu Mohamed Almi Seeni Mohamed. Sebelumnya leluhur beliau menjual ais tingkap ini melalui tingkap (jendela) kedainya dimana pada masa itu dikenal dengan nama air sarbat.

Dulunya tempat jualannya sangat sempit sehingga hanya bisa satu orang saja yang masuk dan semua pembeli dari luar melalui tingkap. Kegiatan menjual melalui tingkap ini sampai tahun 2011 hingga akhirnya bangunan tempat jualan berpindah pemilik. Namun, pemilik baru tidak mau menyewakannya sehingga kedai ais tingkap pindah ke luar dan diperluas sedikit serta menambah menu menjadi lebih bervariasi.

Menu Ais Tingkap


Ketika saya melihat papan menu yang tertempel di dinding, memang ada banyak sekali nama minuman beserta daftar harganya. Bahkan sekarang itu sudah lebih 20 menu yang mana dulunya hanya ada air sarbat, air kelapa dan cendol.




Berhubung sudah banyak menu, pengunjung pun semakin bebas memilih sesuai seleranya. Saya pun menjatuhkan pilihan untuk nikmati ais tingkap @ais sarbat dengan ukuran biasa dengan harga RM 3.50. Selain itu tentu juga ada ukuran besar seharga RM 5.00 tapi menurut saya terlalu besar untuk dinikmati sendirian.

Nah, selain ais tingkap yang saya pesan, terdapat beberapa jenis menu lainnya seperti ais sarbat laici, ais sarbat cincau, ais sarbat Bandung, ais kelapa, ais kacang biasa, cendul kacang dan masih banyak lagi nama minumannya. Tentu kita bisa langsung pilih saat berada disana dan baca saja papan nama menu beserta harga yang di dinding.


Cara Pesan Ais Tingkap


Berhubung itu pertama kali, saya sempat bingung melihat antrain yang panjang dan coba ikutan saja berada di jalur tersebut. Kemudian, pekerja langsung menanyakan apa yang mau dipesan ketika sudah mendekat di hadapannya. Saya pun langsung menyebutkan pesanan ais tingkap @ais sarbat berhubung itu pertama kali maka pilihlah yang autentiknya terlebih dahulu.




Setelah pesanan disebutkan, pekerjanya langsung memberi tahu kepada si pembuat minuman. Selanjutnya, saya ambil tempat duduk untuk menantikan minuman selesai dibuat. Saya pikir langsung dibayar tapi ketika menjulurkan uang, si pekerjanya mengatakan nanti saja.

Akhirnya pesanan datang, minuman sudah dibungkus dalam plastik kresek. Saya pun menyerahkan uang seharga minuman ais tingkap. Lalu, nikmati kesegarannya sambil tetap duduk saja di kedai. Melihat banyaknya pembeli yang terus berdatangan baik minum di tempat atau pun membawa pulang.

Serunya bisa ikut antri bersama warga lokal dan bahkan duduk satu meja dengan orang setempat. Saat itu, hampir semua kursinya penuh, saat melihat ada kursi kosong maka langsung duduk di samping kedua anak perempuan Malaysia yang sedang nikmati ais tingkap serta saya tidak lupa tersenyum dengan mereka.




Oh ya, ais tingkap yang saya beli ini berisi air sirup berwarna merah. Kalau di Medan bisa dibilang seperti warna sirup kurnia kemudian ada campuran selasih di dalamnya. Kemasannya sederhana seperti cup minuman pada umumnya tetapi ada tulisan ais tingkap dan gambar penjual melalui jendela serta terdapat tahun awal terbentuknya usaha ais tingkap ini yaitu 1919.

Well, gimana? Apakah kalian ingin juga mencoba ais tingkap? Yuk bisa langsung datang ke kedainya saja.



Lokasi Ais Tingkap Penang, Malaysia
Lebuh Tamil (Sebelah Pasar Chowrasta)














You May Also Like

22 Comments

  1. Aku pikir ais tingkap ini = es tangkap = es yang harus ditangkap kek es krim turki itu loh... hahaa
    Sebab istilah bahas tetangga ini kan rada mirip sama kita ya.
    Segernyaaaaa itu palagi lihat pas puasa-puasa begini. \
    Btw, gimana pula antriannya kalau pas menjelang buka puasa, ya? Pasti makin mengular ga tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbaa, kok samaan pikiran kita wkwkwk
      Aku juga ngira awalnya air/es yang ditangkap :D

      Hapus
  2. Aku pikir ais tingkap ini = es tangkap = es yang harus ditangkap kek es krim turki itu loh... hahaa
    Sebab istilah bahas tetangga ini kan rada mirip sama kita ya.
    Segernyaaaaa itu palagi lihat pas puasa-puasa begini. \
    Btw, gimana pula antriannya kalau pas menjelang buka puasa, ya? Pasti makin mengular ga tuh...

    BalasHapus
  3. Sebuah usaha bertahan sampai 100 tahun ini bukan lagi luar biasa. Ini betul-betul kerja keras dan komitmen dalam menjaga kualitas baik kualitas produk dari rasanya, kualitas layanan dari pemilik.

    BalasHapus
  4. Langsung penasaran bagaimana rasanya, sampai fenomenal sekali. Selain pastinya karena sudah berusia ratusan tahun, jadi image yang sudah terbangun begitu melekat.

    BalasHapus
  5. Iya. Saya jadi ingat sirup Kurnia lihat warna merah begitu. Lihat daftar menunya yang bererot kebayang itu pilihan kesegerannya. Pernah lihat salah seorang youtuber tanah air yang membahas soal tempat ini. Ternyata memang seseru itu antriannya. Catat ah. Suatu saat menginjakkan kaki di Penang, saya mau mampir kemari.

    BalasHapus
  6. Waah keliatannya seger manis duuh ngiler deh 🤤 Iya ya, gak kebayang kalau lagi buka puasa, antriannya sepanjang apa haha

    BalasHapus
  7. Namanya unik. Awlanya sempat bingun, tapi setelang diingatkan kalau tingkap itu jendela dan sejarah namanya jadi ais tingkap, sangat paham. Penasaran dengan rasanya.

    BalasHapus
  8. Saya sebelumnya sudah tahu, kalau es itu Malaysia namanya Ais. Tapi tingkap baru paham hehehe. dan ternyata sudah 100 tahun ya, Mbak. Pastinya karena konsistensi yang tinggi. Beragam ais juga bisa dipilih. Termasuk ada ais cendul dan ais kelapa. Dengan antrean yang panjang, pastinya enak nih, es-es yang dijual.

    BalasHapus
  9. Wahyuindah31 Maret, 2023

    Di Malang ada gak mbak? Wkwkwwk.. Jadi pengen nyoba karena namanya unik. Air tingkap. Rasanya gimana ya? Mau dong

    BalasHapus
  10. Ternyata ais tingkap tuh semacam minuman es gitu ya... Baca lagi ternyata lokasinya penang.. Omaigat... hehehee

    BalasHapus
  11. Warna merahnya yang segar, tak hanya melepas dahaga aja nih. Buat berbuka juga bakal seger dirasa

    BalasHapus
  12. Rasanya seperti sirop Kurnia campur selasih? Cusss, bikin sendiri. Hehe.... Sirop Kurnia Specie kan ya? Kalo bener, itu sirop favoritku selama tinggal di Sumatra. Di Bandung baru beberapa tahun belakangan ada sirop ini.

    BalasHapus
  13. Wah, ini berarti kuliner khas legendaris di Penang ya mbak
    Emang wajib dicoba ya mbak
    Duh seger banget lihatnya

    BalasHapus
  14. Mbak pergi sendirian? Daebak :D
    Wah baru denger nih Ais Tingkap kyknya laris manis banget ya sampai ngantre2 pembelinya. gak cuma turis, warga lokal pun suka. Noted nih kalau ke Penang nyari Ais tingkap TFS :D

    BalasHapus
  15. Aku kira salah ketik mbak kok namanya ais tingkap bukan tangkap gitu.
    tapi ternyata memang namanya ais tingkap hehhee
    Banyak juga penggemar minuman Ais Tingkap ini ya mbak
    Kalau pas antre waktu buka puasaan bakalan rame nih ya

    BalasHapus
  16. Aku kangen ais campurnya di sana mba. Enak banget, meski agak asing dengan kacang merahnya. Ais tingkap ini apa lagi? Aku belim pernah coba minum. Tapi bisa bayang-bayangin rasanya.

    BalasHapus
  17. Wah, jadi ikut ngebayangin enaknya ais tingkap penang. Untung udah buka, hehe. Kalo main ke sana bisa cobain nih. Kayaknya bakal jadi wishlistku juga

    BalasHapus
  18. Lucu banget ya namanya. Ais dari ice benar-benar sebuah kata yang diserap dengan baik hehe.

    BalasHapus
  19. Aku tadinya tertarik mba, tapi pas tau ini hanya air sirup merah dan selasih, kok jadi mikir Yaa mau coba 🤣🤣🤣. Tapi beneran enak ga sih? Worth it kah antri panjang hanya utk es sirup?

    Kebetulan Juli aku mau ke Penang seminggu. Makanya udh mulai ngelist mau kuliner apa aja di sana 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku sih sebenarnya hampir sama dengan minum sirup tapi keseruan lelah mengantri itu yang asik,kak,hhhaaah.

      Wuih seru banget mau semingguan di Penang,kakak. Hunting kulinernya pasti la ya kan.

      Hapus
  20. aku dulu waktu tau ada nama es ini, lucu juga namanya, lagi lagi karena antriannya udah bikin ga kuat, jadi aku nyerah hahaha
    tapi tetep penasaran

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.